Adaro Siapkan Kembali Bibit Sapi Unggul



PT Adaro Indonesia yang sebagian wilayah operasionalnya berada di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, tengah menyiapkan bantuan bibit sapi unggul kepada masyarakat Kabupaten Balangan.

Manager Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT Adaro Indonesia, Abdurrahman di Dahai Office, sekitar 7 kilometer dari Paringin, ibu kota Balangan mengatakan, alokasi bantuan tersebut merupakan lanjutan program serupa yang sudah dilaksanakan sebelumnya pada 2011.
"Rencana pengalokasian dan besaran jumlah bantuan yang akan diberikan sudah ada, tinggal menunggu hasil evaluasi yang dilaksanakan mulai 16 Februari di Semarang," ujarnya.
Evaluasi dilakukan oleh Kementerian Pertanian bersama seluruh pemerintah daerah kabupaten dan kota se-Indonesia dengan pihak swasta yang telah berpartisipasi dan mendukung pelaksanaan program bantuan pada 2011.
“PT Adaro Indonesia akan menyalurkan bantuan bibit sapi unggul dengan jumlah sesuai jatah alokasi dari pemerintah daerah setempat dari pemerintah pusat,” katanya.
Menurut Abdurrahman, berapapun kebutuhan alokasi yang diperlukan oleh pemerintah daerah, PT Adari akan tetap memberikan dukungan, sepanjang itu memang dapat memberikan dampak manfaat yang baik untuk masyarakat serta sejalan dengan program CSR PT Adaro Indonesia.
Dia mengakui, untuk jenis bantuan berupa bibit ternak sapi unggul relatif mudah dilakukan PT Adaro Indonesia, karena memiliki kawasan peternakan dan sarana pembibitan sendiri, sehingga ketersediaannya mencukupi.
"Bila dari hasil evaluasi nantinya pelaksanaan pemberian bantuan bibit sapi unggul 2011 dinyatakan berhasil dan berlanjut pada 2012, maka kami segera melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk membahas mekanisme penyalurannya," katanya.
Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura Peternakan dan Perikanan (PTPHPP) setempat, Tuhalus mengatakan, pemerintah pusat telah memberikan jatah alokasi bantuan sapi bibit unggul sebanyak enam ekor.
"Jatah alokasi tersebut diberikan dalam dua tahap, masing-masing sebanyak 30 ekor pada tiap tahapan dengan syarat ada pihak swasta yang mau ikut berpartisipasi dan mendukung program itu," ujarnya.
Pemberian bantuan bibit sapi unggul itu merupakan program pemerintah pusat kepada pemerintah daerah kabupaten dan kota se-Indonesia dengan syarat ada pihak swasta yang mau berpartisipasi dengan ikut memberikan bantuan serupa dengan besaran yang sama.
Pada September dan November 2011 lalu, pemerintah daerah setempat bersama PT Adaro Indonesia telah menyalurkan 60 ekor bibit sapi unggul kepada masyarakat di dua desa, Matang Hanau dan Hilir Pasar di Kecamatan Lampihong.
"Kami berharap program pemberian bantuan bibit sapi unggul 2012 mendapatkan dukungan pihak swasta, baik PT Adaro Indonesia maupun perusahaan lainnya, sehingga dapat segera direalisasi," kata Tuhalus. Metro7/usy
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik.
Berita Metro7 juga dishere atau dibagikan melalui Facebook, Tweeter dan email. Terima kasih.
(Redaksi)


Redaksi Metro7 : 0526 2700825 | Email : redaksi@metro7.co.id
Bagian Iklan|Sirkulasi : Suwarto SE 0852 4845 7878