Forum Kemitraan Polisi-Masyarakat Dibuka



Kapolres Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), AKBP Iwan Sonjaya membuka kegiatan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat, di Kantor Balai Kemitraan Polisi dan Masyarakat (BKPM) Jalan Hevea Barabai, Selasa (7/2) tadi.

Hadir pada kegiatan itu, Dandim 1002 Barabai Letkol Infanteri Heri Pribadi, Wakapolres HST Kompol Yudhi Chandra, Kepala Kantor Kesbang Polinmas Ir Kemat, perwakilan beberapa dinas terkait, Forum ORARI, RAFI, SAR,dan para Camat serta undangan lainnya.
Kapolres HST AKBP Iwan Sonjaya dalam sambutanya mengatakan, kepolisian memang memiliki program kemasyarakatan, sebagaimana Polri sendiri mempunyai setrategi membangun kepercayaan dari masyarakat dan memberi pelayanan untuk masyarakat juga. Termasuk ujarnya, sekarang ini polisi melakukan grand strategi untuk menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), bersama-sama dengan masyarakat pula.
Menurut Iwan, sekarang ini Polmas harus bisa menyentuh komunitas yang ada, seperti Orari, Rafi, SAR dan juga komunitas lain. Apalagi tukasnya, kini tempatnya sudah ada, yakni Kantor BKPM yang bisa dimanfaatkan bersama untuk mengadakan pertemuan rutin, misalnya membicarakan penanggulangan bencana.
“Intinya, antara polisi dan masyarakat harus ada komunikasi yang baik. Sebab, tidak akan bisa terjalin kerjasama, jika Polisi sendiri tidak bisa menjalankan kepercayaan masyarakat. Hal itu jangan sampai terjadi,” ujarnya.
Dandim 1002 Barabai Letkol Inf Heri Pribadi sangat mengapresiasi apa yang disampaikan Kapolres HST. Menurutnya, polisi dan TNI pada dasarnya adalah sama. TNI selain bertugas menjaga keutuhan NKRI, juga membantu masyarakat.
“Kita bisa lihat jika ada bencana, TNI dan Polisi selalu ada di tempat tersebut untuk membantu masyarakat,” katanya.
Sementara, Kepala Kantor Kesbang Polinmas HST, Ir Kemat, sangat mengharapkan kerjasama dari berbagai pihak. Jika terjadi bencana terangnya, sudah selayaknya semua pihak saling bahu membahu membantu masyarakat. Misalnya, saat pencegahan bencana, memberi bantuan tanggap darurat dan pasca bencana.
“Hal itu harus kita perhatikan bersama, karena untuk kepentingan masyarakat,” harapnya. advhst



Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik.
Berita Metro7 juga dishere atau dibagikan melalui Facebook, Tweeter dan email. Terima kasih.
(Redaksi)


Redaksi Metro7 : 0526 2700825 | Email : redaksi@metro7.co.id
Bagian Iklan|Sirkulasi : Suwarto SE 0852 4845 7878