Pelatihan PHBS Bagi SKPD

Sebanyak 60 orang peserta yang mewakili masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong mengikuti pelatihan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, Rabu (12/9/2012) tadi bertempat di Gedung Joeang ‘45 Tanjung.
Pelatihan itu dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, Dr H Syarifuddin Baseri SPOG, sedangkan Narasumbernya adalah Kepala Bidang Promosi Kesehatan M Aris SKM MKes dan Kepala Seksi Penyuluhan HM Kursani Effendi SKep.
Dalam sambutannya di hadapan peserta, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong Dr H Syarifuddin Baseri SPOG menjelaskan bahwa PHBS itu tidak hanya diterapkan di sekitar lingkungan tempat tinggal saja, akan tetapi juga di lingkungan tempat kerja, di lingkungan tempat tinggal hendaknya jangan membiasakan membuang sampah sembarangan atau bukan pada tempatnya, kemudian ajakan tidak merokok di tempat-tempat umum, fasilitas umum dan tempat kerja, lingkungan rumah tangga tempat-tempat terbuka dan sebagainya.
“Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah yang melarang merokok di tempat-tempat tersebut di atas,” tegasnya.
Dr Syarif berharap mudah-mudahan nantinya Indonesia dapat menyamai Singapura yang tidak ada satu orang pun merokok di jalanan maupun di tempat fasilitas umum.
Ia menambahkan bahwa dampak merokok bagi perokok pasif lebih besar daripada perokok aktif. Oleh sebab itu, Dinas Kesehatan telah senantiasa melarang merokok di Puskesmas-Puskemas, Rumah Sakit dan lingkungan kantor.
“Hasilnya, sampai saat ini petugas-petugas kesehatan tidak ada yang merokok di lingkungan tempat kerja dan bahkan sudah banyak yang berhenti merokok,” imbuhDr Syarif.
Kegiatan pelatihan PHBS ini merupakan bagian dari Promosi Kesehatan (Promkes) yang nantinya akan ditingkatkan melalui penyuluhan-penyuluhan di lapangan. Metro7/Via
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik.
Berita Metro7 juga dishere atau dibagikan melalui Facebook, Tweeter dan email. Terima kasih.
(Redaksi)


Redaksi Metro7 : 0526 2700825 | Email : redaksi@metro7.co.id
Bagian Iklan|Sirkulasi : Suwarto SE 0852 4845 7878