Peringatan HAN dan Pengokohan Bunda PAUD, 1500 Sikat dan Pasta Gigi Dibagikan Gratis

Tanjung, -- Ribuan anak-anak mulai anak-anak sekolah TK, SD, SMP, SLTA termasuk ibu-ibu para pengurus Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se Kabupaten Tabalong memadati halaman Pendopo Bersinar, untuk mengikuti rangkaian peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2012 lalu, dengan pelaksaannya digelar pada hari Selasa (2/10) kemarin.
Penyelenggaraan peringatan HAN tahun ini sangat berbeda dengan peringatan tahun-tahun sebelumnya. Dimana kali ini kegiatan HAN dibarengi dengan penobatan Bunda PAUD Kabupaten Tabalong dan Bunda-bunda PAUD kecamatan se-Kabupaten Tabalong.
Penobatan bunda PAUD Kabupaten Tabalong dilakukan oleh Bupati Tabalong kepada Hj Sumiati Rachman Ramsyi yang selanjutnya bunda PAUD Kabupaten Tabalong melakukan penobatan kepada bunda-bunda PAUD kecamatan.
Peringatan HAN tahun 2012 yang bertemakan Anak Indonesia Sehat, Kreatif dan Berakhlak Mulia itu dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dengan dimeriahkan berbagai lomba tingkat TK dalam lomba yang melibatkan sekitar 50 TK diantaranya lomba melukis, lomba mewarnai, lomba tari dan lomba lembaga PAUD berprestasi program TK tingkat Propinsi Kalimantan Selatan.
Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong Drs.H.Erwan, SH, MAP, dengan dilaksanakannya peringatan HAN dan penobatan bunda PAUD diharapkan peringatan tersebut menjadi momentum dalam rangka menggalakkan program paudisasi di Kabupaten Tabalong.
“Mengingat pendidikan anak usia dini adalah merupakan amanat undang-undang nomor : 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, diharapkan semua pihak yang terkait dan semua pemangku kepentingan agar turut ikut mensukseskan program PAUD di Tabalong,” kata Erwan.
Tidak hanya itu lanjutnya, dengan adanya bunda-bunda PUAD di Kabupaten maupun di kecamatan akan bisa lebih mendorong dan memotivasi kemajuan program PAUD di wilayah.
Dijelaskan Kadis Pendidikan ini, momentum peringatan HAN tahun 2012 merupakan momentum yang sangat baik untuk terus menggaungkan pentingnya pendidikan anak usia dini yaitu anak berusia 0-5 tahun. Kepada semua tenaga pendidik PAUD melakukan satu aksi menanamkan sejak dini kepada anak TK akan pentingnya pendidikan keagamaan, keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kemudian pendidikan akhlak mulia dan budi pekerti, termasuk budaya disiplin, budaya bersih, budaya jujur, budaya antri, papar Erwan lagi.
Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong Dr.H.Syarifuddin Baseri, SPOG menjelaskan, momentum peringatan HAN juga dilakukan gerakan budaya bersih, gerakan mencuci tangan, gerakan menggosok gigi massal bagi anak-anak PAUD. Dinas Kesehatan juga membagikan secara cuma-cuma kepada anak-anak TK sebanyak 1500 pasang sikat gigi beserta odol yang diharapkan agar anak usia dini mulai membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang diawali dengan membiasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, menggosok gigi setiap hari.
“Dari hasil analisa terindikasi dari 30 orang siswa SD hanya 1 orang yang memiliki gigi sempurna oleh karenanya tidaklah heran kalau putra-putra kita yang lulus SLTA kemudian masuk dan mendaftar menjadi militer atau kepolisian banyak yang gagal akibat bermasalah pada gigi yang menjadi salah satu persyaratannya,” jelas Syarifuddin lagi.
Sementara itu Bupati Tabalong Drs.H.Rachman Ramsyi dalam sambutannya menyatakan anak harus dipersiapkan, agar nantinya mereka mampu menjalani kehidupan dengan sebaik-baiknya, melindungi hak-hak anak, memberikan standar kepada mereka yang layak baik dalam pendidikan, kesehatan, pengasuhan anak, gizi, tempat berteduh atau perlindungan.
“Disamping itu anak-anak Tabalong harus  terbebas dari tindakan kekerasan penelantaran atau eksploitasi hal ini sesuai dengan maksud pasal 10 Undang-Undang Nomor 23 tahun 2003 tentang perlindungan anak,” ucap orang nomor satu di kabupaten Tabalong ini. Metro7/Via
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik.
Berita Metro7 juga dishere atau dibagikan melalui Facebook, Tweeter dan email. Terima kasih.
(Redaksi)


Redaksi Metro7 : 0526 2700825 | Email : redaksi@metro7.co.id
Bagian Iklan|Sirkulasi : Suwarto SE 0852 4845 7878