Utama

Berita Popular


Penerbit : PT. Surya Alam Sakti
SIUP : 15/16.08/SIUP/PB/IX/2004
Akte Pendirian :
No. 107 Tgl 21 Pebruari 2001
Tanggal Terbit Perdana :
11 Juni 2007

Pimpinan Umum/Penanggung Jawab :
Sabirin HA Syukran Nafis
Pemimpin Perusahaan:
Rahmat
Pendiri :
Sabirin HA Syukran Nafis

Redaksi/TU : Jl.Simpang Tiga Tangki Hijau No.21 Murung Pudak Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan 71571 Telp (0526) 2700825

Pemimpin Redaksi :
Sabirin HA Syukran Nafis
Wakil Pimpinan Redaksi :
Rosidi HS
Redaksi :
Sabirin HA Syukran Nafis, Hiviannoor, Fahri Ansar Basri, M Jaya Mahliandi,Rosidi HS, Gt. Suriansyah, Sri Mulyani, Fahmi Yahya, Andi Ampa Elung, Nanang Hariadi, Achmad Juhriansyah, Mahliandi, M Jaya, Fauzi Rahman, Pahrul, Budi Irawan, Sigit Permana, Munawir.

Manager Iklan dan Sirkulasi :
Suwarto SE
Manager Keuangan :
Fitrian Noor
Bagian Penagihan :
Suwarto SE
Layouter/Design Grafis :
Rahmat TG
Tim Pracetak dan Cetak :
Abdullah

Perwakilan Banjarmain :
Rosidi HS
Jl. Karya Sabumi II No.2 RT.17 Kompplek Kayu Tangi II Banjarmasin Telp.(0511) 3305331.

Kelompok Kerja :
PERCETAKAN MEDIA PUTERA MANDIRI
Jl. Simpang Tiga Tangki Hijau No.21 Murung Pudak, Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan 71571 Telepon : (0526) 2700825
Isi diluar tanggung jawab percetakan


STOP PERS

Wartawan Metro7 dilengkapi dengan Kartu Pers dan Surat Tugas, serta tercantum didalam BOX REDAKSI.
Apabila ada yang mengaku sebagai wartawan Koran Metro7, MASYARAKAT WAJIB untuk menanyakannya identitasnya. Dan apabila tidak ada termuat didalam BOX REDAKSI maka segera melapor kepada PIHAK BERWAJIB.
Terima kasih.

TTD :Redaksi

Tabalong Raksasa di Banua Enam


Memasuki Hari Jadi Kabupaten Tabalong ke-47 ini sangat banyak keberhasilan yang telah dicapai. Berbagai sektor semuanya berhasil dengan sangat menggembirakan, terutama sekali sektor pembangunan fisik dan non fisik terdiri dari jalan dan jembatan serta fasilitas umum lainnya.


 Keberhasilan pembangunan di kabupaten Tabalong semakin nyata. Masyarakat mengakui sejak Tabalong dipimpin oleh Drs H  Rachaman Ramsyi MSi perkembangan Tabalaong dalam segala sektor maju pesat. Terutama sekali sektor perdagangan yang semakin terlihat hingga kawasan Tanjung Baru Mabu'un.
Memasuki usia ke 47 tahun, Kabupaten Tabalong menjadi lirikan para investor yang berebut untuk berinvestasi di daerah yang kaya akan sumber daya alam ini. Mereka datang menilik investasi jangka panjang berlomba untuk mendapat tempat di kabupaten yang terkenal dengan sebutan kota minyak ini.
Iklim investasi dan jaminan keamanan yang bisa ditunjukkan daerah ini nampaknya menjadi pilihan investor untuk menginvestasikan diri. Mereka juga mendapat kemudahan-kemudahan dan fasilitas apabila mau berinvestasi, disamping pemerintah daerah memberikan kemudahan-kemudahan dalam hal perijinan.

Salah satu contoh investasi jangka panjang yang mampu membuka icon pembangunan dan tingginya perekonomian masyarakat adalah dengan hadirnya hotel berbintang seperti Aston Hotel, perumahan elit Green Villa dan Karaoke Inul Vista.
Tidak hanya itu, pesatnya pertumbuhan perekonomian masyarakat juga terlihat dengan menjamurnya investasi usaha rumah toko (ruko-red) oleh para pengembang, perumahan RS/RSS untuk golongan rendah sampai golongan menengah dan atas.
Begitu pesatnya roda perekonomian dan perputaran uang juga menjadi lirikan para kalangan perbankkan. Hampir semua bank sudah membangun kantor cabang di kabupaten Tabalong semata-mata hanya ingin berkopetensi menjadi mendapatkan nasabah sebanyak-banyaknya, karena mereka melihat roda perekomian masyarakat Tabalong sangat tinggi dan luar biasa.
Usaha untuk mendongkrak perekonomian masyarakat bukan hal yang gampang. Berbagai terobosan dan upaya maksimal selalu digaungkan oleh Pemkab Tabalong yang dimotori oleh bupati Tabalong Rachman Ramcyi. Hasilnya bisa dilihat sekarang, Tabalong menjadi raksasa di wilayah Banua Enam khususnya Kalimantan Selatan.
Semoga saja keberhasilan dan apa yang sudah didapat akan terus berlanjut. Menjadi daerah yang maju dan berkembang bukan kebanggan utama, tetapi yang sangat penting adalah kesejahteraan masyarakat betul-betul dapat mereka rasakan secara nyata. Semoga.***
14.12 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Kegiatan Hari Jadi Tabalong Ke-47 Dirangkai Hari Bakti PU Ke-67

Ir. H. ARIFIN NOOR, MT dan Hj. HARDIYANTI, S.Sos

Peringatan Hari Bakti PU ke-67 yang diperingati oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tabalong berlangsung sangat meriah. Peringatan yang dilaksanakan dari tanggal 22 September s/d 3 Desember 2012 tersebut diisi dengan berbagai acara.
Diantaranya hiburan tersebut adalah musik band setiap malam mingguan untuk menghibur masyarakat Kabupaten Tabalong dari tanggal 22 September s/d  1 Desember 2012 oleh band-band di Kabupaten Tabalong, dan juga diisi tarian daerah, dancer, fashion show, dan nonton bareng sepak bola.
Dinas Pekerjaan Umum juga menyeleksi 10 Band Lokal terbaik Tabalong 2012 yang  dilaksanakan tanggal 20 Oktober dan 3 Nopember 2012.
Tidak hanya itu, Dinas PU Tabalong juga menyelenggarakan Festival Lagu Dangdut Dinas Pekerjaan Umum 2012, dilaksanakan dari tanggal 5 Oktober s/d 23 Nopember 2012 setiap dua malam Sabtu.
Dilanjutkan dengan acara Bakesah oleh Ramdani Akbar dari Barabai tanggal 21 Oktober 2012. Jalan Sehat berhadiah bersama keluarga besar Dinas Pekerjaan Umum dan masyarakat dengan beberapa hadiah utama dan hadiah-hadiah menarik lainnya (Kulkas, Televisi, Kipas Angin, dll), pada hari minggu 2 Desember 2012 di lapangan sepakbola Kecamatan Banua Lawas yang dimeriahkan oleh Jhon Tralala Group dari Banjarmasin.

Selain untuk memperingati Hari Bakti PU ke-67, pada bulan Desember Kabupaten Tabalong juga memperingati Hari Jadi yang ke 47 pada tanggal 1 Desember 2012 dan kebetulan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Ir.H.Arifin Noor, MT dipercaya sebagai Ketua Bidang Hiburan dan Tausiyah.
Maka bertambah meriahlah suasana Kabupaten Tabalong dengan kedatangan Ustd M.Nur Maulana yang terkenal dengan kata “Jamaaahhh” pada tanggal 7 Desember 2012 dan juga konser band Ungu pada tanggal 8 Desember 2012, serta pada malam pergantian tahun tanggal 31 Desember 2012 didatangkan Orkes Dangdut New Palapa dari Surabaya dan artis ibukota.
Khusus bidang ke PU-an sesuai dengan tema Hari Bakti Pu ke 67 yaitu Dengan Semangat Sapta Taruna Kita Tingkatkan Kualitas dan Pelayanan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Permukiman Untuk Kesejahteraan Rakyat, tentunya selaras dengan visi dan misi Kabupaten Tabalong.
Untuk mencapai misi tersebut, tentu perlu adanya kerja keras Dinas Pekerjaan Umum untuk mencapainya, sementara -tugas yang diemban oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tabalong di tahun-tahun yang akan datang akan semakin berat.
“Akan tetapi kami selaku jajaran dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tabalong akan berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan tugas agar terciptanya infrastruktur yang mantap yang sesuai dengan harapan masyarakat Kabupaten Tabalong,”  ujar Kepala Dinas PU Tabalong Ir H Arifin Noor MT
Yang sangat diperhatikan dan diperjuangkan oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong adalah perbaikan segala sektor baik jalan, jembatan, sarana pengairan, dan irigasi, jalan-jalan lingkungan perkotaan dan pedesaan, sarana prasarana air bersih, juga perkantoran pemerintahan lainnya yang dibangun dan untuk dipelihara sebaik mungkin.
“Untuk itu Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tabalong dalam Rangka Hari Bakti PU ke -67 ini juga menyampaikan permintaan maaf yang sebesar-besarnya apabila selama ini pembangunan infrastruktur di Kabupaten Tabalong belum seluruhnya memenuhi harapan masyarakat khususnya untuk peningkatan jalan dan jembatan,” tambah Arifin. ***
14.08 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Jelang Pemilukada, Pers Diminta Berimbang

Drs H ZAIN ALKIM
BUPATI KABUPATEN BARTIM
Tamiang Layang – Denyut nadi Pemilukada di Kabupaten Bartim sangat terasa. Beberapa figur mulai menampakkan ke publik terkait rencana pencalonan sebagai Bupati maupun Wakil Bupati Bartim periode 2013-2018.
Bahkan figur pun mulai melirik pers untuk membantu pencitraan dan sosialisasi pencalonan itu. Namun diingatkan, pers tidak melakukan propaganda maupun melemahkan calon lain.
Pesan itu disampaikan oleh Bupati Bartim Drs H Zain Alkim. Menurut Zain, pers harus menyajikan berita yang berimbang, dan tidak memojokkan calon lain. Pers di Bartim diharapkan dapat berperan menyajikan informasi yang akurat, faktual, dan terpercaya.
Zain tidak ingin pers memiliki nuansa untuk melemahkan calon. Dan dalam menjalanak tugasnya pers hendaknyatetap menjunjung tinggi kaidah jurnalistik seperti Kode Etik Jurnalistik dan Undang-Undang Pers.
“Kode Etik Jurnalistik dan UU Pers hendaknya dipatuhi dalam peliputan berita terkait jelang dan selama tahapan Pemilukada Bartim.Penyajian berita yang bersifat provokatif dapat membuat resah di masyarakat,” ucap orang nomor satu di Bartim ini.
Bahkan lanjut Zain, pemberitaan yang mengandung unsure provokatif akan menciptakan konflik di antara masyarakat itu, dimana saat ini kerukunan antarumat beragama dan keharmonisan masyarakat  Bartim sangat kondusif.
“Saya tidak ingin hanya gara-gara Pemilukada, terlebih misalkan didahului adanya pemberitaan yang tidak seimbang, kerukunan masyarakat itu terpecah belah,” tegasnya.
Lebih parah lagi yang harus diantisipasi adalah terjadinya konflik, karena kondisi seperti itu berdampak pada kemunduran dalam pembangunan di Kabupaten Bartim dan akan mempengaruhi iklim investasi akan dapat carut marut jika konflik meletus hanya saling dukung mendukung figur yang berlebihan.
Pers khususnya di Bartim, diminta dapat memberikan pendapatan dan masukan yang sifatnya mendidik perpolitikan masyarakat, dengan demikian, masyarakat akan bersikap dewasa menghadapi pesta demokrasi lima tahunan itu jika diberikan pencerahan perpolitikan yang sehat.
“Agar bisa mewujudkan hal itu, saya meminta pers memberikan ruang pemberitaan yang sama terhadap semua figur, bukan mengarah hanya kepada satu atau beberapa figur yang akan mencalonkan diri sebagai Bupati maupun Wakil Bupati Bartim periode 2013-2018m” pinta Zain lagi. (Metro7/M.Jaya)
14.08 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Warga Keluhkan Pungli di Sekolah

  • Bupati : Proses Pendidikan Merupakan Tanggung Jawab Bersama
Amuntai – Sejumlah warga datangi salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD)kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), mereka mengeluhkan adanya uang pangkal disekolah dan beberapa pungutan yang dilakukan oleh pihak sekolah.
Mereka meminta agar para wakil rakyat untuk mempertanyakan mengenai berbagai pungutan dan uang pangkal karena selama ini gencar didengungkan mengenai kebijakan sekolah gratis sampai dengan bantuan Biaya Operasional Sekolah (BOS).
Salah satu orang tua siswa Syaifuddin (40) kepada metro7 mengungkapkan bahwa anaknya bersekolah di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan di Amuntai merasa keberatan dengan adanya beberapa pungutan tersebut.
“Kalau untuk orang tua yang berpenghasilan lebih mungkin tidak memasalahkan adanya pungutan tersebut tapi bagi kami yang berpenghasilan pas-pasan tentu lah sangat berat,” ujarnya.
Ia pun mengaku harus meminjam uang tersebut ke orang lain untuk dapat membayar biaya yang dipungut oleh pihak sekolah tersebut.
Karena ia takut kalau tidak dapat membayar biaya tersebut anaknya akan malu dan tidak dapat untuk melanjutkan sekolah.
Salah satu Anggota DPRD kab HSU A. Syarmada kepada Metro7 mengaku juga pernah didatangi sejumlah warga yang mengeluhkan masih adanya beberapa pungutan yang dilakukan oleh pihak sekolah.
“warga juga pernah mengeluhkan hal tersebut kepada saya dan kita sudah angkat hal tersebut diforum rapat beberapa waktu lalu,” jelasnya.
Dan Ia juga berjanji akan kembali merapatkan aspirasi warga ini dengan anggota DPRD yang lain terkait kejelasan penggratisan yang dijanjikan oleh pemerintah.
Ia juga mengatakan bahwa baru-baru ini teman-teman dari fraksi PBB juga sudah mengangkat keluhan warga tersebut di rapat paripurna DPRD.
Fraksi PBB jelasnya mengatakan bahwa selama ini banyak masyarakat yang mengeluhkan adanya pungutan uang pangkal hingga pungutan lainnya oleh pihak sekolah, mohon ini menjadi perhatian serius pemerintah daerah.
Karena yang diketahui masyarakat pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan sekolah gratis dan dana bantuan BOS?
Sementara itu Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid dalam Paripurna membenarkan masih adanya kebijakan uang pangkal di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) bahkan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bisa mencapai Rp2 juta tergantung tingkat kebutuhan sekolah dalam menyelenggarakan kegiatan mengajar.
“Untuk SLTA secara nasional belum terjangkau oleh dana BOS dan sampai saat ini pemerintah daerah juga hanya mampu menggratiskan biaya pendaftaran masuk SLTA” ujarnya.
Wahid juga mengatakan mengenai kebijakan uang pangkal merupakan kebijakan masing-masing sekolah yang besaran uang pangkal ditentukan oleh kebutuhan pendanaan masing-masing sekolah.
Pihak sekolah umumnya meminta pungutan uang pangkal berkisar 400 hingga 500 ribu, kecuali SMK pada jurusan Farmasi yang mengenakan biaya uang pangkal Rp2 juta.
“Namun untuk siswa yang tidak mampu bayar karena berasal dari keluarga kurang mampu saya mintakan pihak sekolah untuk TIDAK meminta uang pangkal kepada siswa tersebut alias menggratiskannya” jelasnya.
Sedangkan bagi siswa kurang mampu namun memiliki prestasi dalam belajar bahkan oleh Pemkab HSU disediakan program beasiswa dengan pembiayaan dari dana APBD HSU.
Bupati mengingatkan bahwa tanggung jawab pendidikan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, tetapi juga menjadi tanggung jawab orang tua siswa dan masyarakat.
“Tanggung jawab bersama dalam proses pendidikan ini sudah tegas dinyatakan dalam undang-undang tentang sistem pendidikan nasional,” jelasnya.
Meski demikian bupati meminta jika pihak sekolah juga harus melakukan biaya atau pungutan untuk keperluan proses belajar siswa diharapkan biaya tersebut  jangan sampai membebani orang tua siswa, serta memberikan kelonggaran batas waktu bagi siswa untuk membayar pungutan. (Metro7/Ayie)
13.59 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

14 Desa Tertinggal Jadi Perhatian

TERISOLIR – Desa Kalinapu, Kecamatan Paju Epat, Bartim belum memiliki akses jalan darat
Tamiang Layang – Pembangunan di wilayah Bartim perlu ditingkatkan dan dimeratakan lagi. Pasalnya, sampai saat ini terdapat 14 desa yang masih berstatus tertinggal.
Belasan desa tertinggal itu diungkapkan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Bartim, Kardinal. Menurut Kardinal, ada beberapa faktor keterbatasan sehingga desa itu berstatus tertinggal.
Antara lain, belum adanya infrastruktur, belum maksimalnya pemberdayaan masyarakat, dan lemahnya kualitas sumber daya manusia.Agar bisa melepaskan status tertinggal di 14 desa tersebut, kata Kardinal, pemerintah giat menggenjot pembangunan sarana dan prasarana, khususnya di desa pemekaran.
Misalnya membuka akses jalan darat untuk menghubungkan ke ibukota kecamatan.Demikian pula fasilitas pendidikan dan kesehatan bersama petugasnya.
Untuk akses jalan membuka keterisolasian, pemerintah telah membangun akses jalan ke Desa Kalinapu  dan Desa Pelantau. Tahun depan, harap Kardinal, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum untuk membuka keterisolasian di wilayah lainnya.
Tidak semua fasilitas dapat dipenuhi untuk dibangun di desa tertinggal.Misalkan terkait pelayanan listrik yang pengadaannya melalui jasa khusus di bidang kelistrikan.Urusan listrik ini wewenang dari PLN.
Namun bukan berarti pemerintah diam. Koordinasi terus dilakukan untuk pemenuhan pelayanan listrik di desa tertinggal.Salah satu upaya untuk mewujudkan listrik itu adalah menyampaikan permohonan untuk program listrik bertenaga surya.
Diharapkan listrik dari tenaga surya ini bisa membantu masyarakat desa tertinggal untuk menunjang aktivitas kehidupan sehari-hari.BPMD tidak mungkin bekerja sendirian dalam upaya membangun desa, khususnya di desa tertinggal.
Instansi lain seperti dari pendidikan, kesehatan, kehutanan, dan seluruh elemen masyarakat ikut mendukungnya. Dengan demikian, papar Kardinal, pembangunan itu juga akan cepat terealisasi melalui program yang terencana dan rasional. (Metro7/M.Jaya)
13.59 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Abdul Gafar Tertangkap Saat Menjambret

Rantau – Sial bagi Abdul Gafar (52) nyaris babak belur jadi bulan-bulanan warga ketika kepergok menjambet tas seorang wanita bernama Siti Zuleha warga Jl Tasan Panyi Cangkring Kelurahan Rantau Kanan Kecamatan Tapin Utara kabupaten Tapin, Kamis (29/11) kemarin sekitar pukul 09.00 wita.
Menurut informasi yang Metro7 kumpulkan menyebutkan, pada saat menjalankan aksinya pelaku jambret warga Gambut Kabupaten Banjar sempat tarik menarik dengan korbannya Siti jaleha.
Ziti panggilan akrab wanita muda ini, tidak hanya diam pada saat tas miliknya yang berisi uang sebanyak Rp7 juta lebih hasil dari berjualan buah itu di jambret oleh pelaku.
Siti-pun langsung berteriak sekencang-kencangnya hingga menarik perhatian warga lainnya.
Mendengar teriakan minta tolong dan maling-maling serta sebutan jambret, warga langsung berhamburan mendatangi Siti, sedangkan pelaku tidak dapat berbuat banyak ketika puluhan warga langsung mengepung dirinya dan menangkapnya.
“Untungnya pada saat yang bersamaan ada Kapolsek Tapin Tapin Utara sedang melintas di tempat kejadian, sehingga pelaku tidak sempat dipermak warga disini,” ujar sejumlah warga disana.
Ketika hal ini dikonfirmasi dengan Kapolsek Tapin Utara AKP Mansyah SH ia membenarkan tentang kejadian tersebut.
Dijelaskannya, warga tidak usah kuatir, karena kasus ini akan ditangani dengan serius dan akan memberikan hukuman sesuai dengan perbuatan pelaku.
“Pada saat kejadian saya sedang melintas, dan ketika melihat pelaku saya langsung melakukan upaya penangkapan dan berhasil tanpa perlawanan samasekali,” ujarnya. (Metro7/wnd)
13.57 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Ekspose Hari Jadi Kabupaten Tabalong Ke-47 tahun 2012, Upaya Pengentasan Kemiskinan Terus Dilakukan

  • Wakil Bupati Tabalong  H.Muchlis Pimpin Jumpa Pers
Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong akan terus berupaya untuk melakukan penanggulangan angka kemiskinan. Karena, rogram pemberantasan kemiskinan merupakan tangung jawab pemerintah dan nmasyarakat Tabalong sendiri.
Hal tersebut dikatakan Wakil Bipati Tabalong H Muchlis didampingi Sekda Tabalong H Afdel Fadillah dalam jumpa pers Hari Jadi Kabupaten Tabalong ke-47 tahun 2012 , Jumat (30/11) di Aula Wisma Tanjung Bersinar, Pembataan.
Muchlis juga menjelaskan bahwa angka kemiskinan setiap tahun selalu meningkat. Pemerintah daerah sendiri berupaya maksimal untuk mengurangi angka kemiskinan tersebut dengan berbagai program yang dianggap tepat sasaran.
Ekspose Hari Jadi Kabupaten Tabalong dalam Jumpa Pers yang bertema tentang Program Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Tabalong ini berlangsung cukup a lot.
Dalam sesi Tanya jawab berbagai pertanyaan disampaikan oleh para wartawan kepada Wakil Bupati Tabalong Muchlis dan Sekda Tabalong Afdel Fadillah. Dalam beberapa pertanyaan yang mengarah pada program kegiatan pemkab Tabalong dijawab langsung oleh SKPD bersangkutan yang juga hadir dalam acara jumpa pers tersebut.
“Atas nama Bupati Tabalong dan pemerintah daerah Tabalong kami mengucapkan terima kasih atas kedatangan rekan-rekan wartawan yang bisa hadir untuk mengikuti ekspose pada hari ini, mudahan-mudahan saja apa yang kita sampaikan bisa lebih memperjelas informasi kepada masyarakat,” ujar Muchlis.
Dalam acara ekspose tahunan menjelang hari jadi ini, juga dihadiri hampir semua Kepala SKPD, Kepala Bagian dan para camat se-kabupaten Tabalong. (Metro7/***)

13.54 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Haulan Al Imam Syech Al Faqih dan Syech Samman Al Madani, Abdel Fadillah Hadir Bersama Ribuan Jemaah

Tanjung -- Acara Haulan Al Imam Syech Al Faqih A Muqaddam RA dan Syech Samman Al Madani AS di masjid Al Fajar desa Paliat Kecamatan Kelua yang diselenggarakan masyarakat setempat dengan mendatangkan Habib Haidarah bin Muhsin Al Hinduan dari Situbondo, kedatangannya beserta rombongan yang terdiri Hamid Jafar Al Qadri Jakarta, Agil Baraqbah Palembang, Hamid Al Magribi Situbondo, Nabin Zen Jember, serta beberapa orang pengikutnya dari Banjarmasin.
Menurut salah seorang panitia Haulan didesa Paliat H. Udin, haulan seperti ini rutin mereka laksanakan setiap tahun dan kali ini adalah untuk yang kelima kalinya pelaksanaan syech Al Faqih Al Muqaddam RA dan Syech Samman Al Madani AS, jamaah yang datang bukan hanya dari desa Paliat akan tetapi banyak juga yang datang dari kecamatan lain.
Dalam acara haulan itu juga nampak hadir Sekda Tabalong Drs. H. Abdel Fadillah M,Si. Bersama ribuan jemaah lainnya. Kedatangan Sekda Tabalong ini tentu membuka mata semua orang bahwa pejabat pemerintah daerah yang satu ini memang sangat memasyarakat.
“Kami senang pak Afdel bisa hadir disini, dan mudahan saja semua yang hadir untuk membesarkan haulan ini mendapat keberkahan dan Rahmat Allah SAW,” ujar Hasan salah seorang warga disana kepada Metro7.
 Sebelum Habib Haidarah Bin Muhsin Al Hinduan menyampaikan tausiyahnya terlebih dahulu Habib Hamid Jafar Al Qadri menyampaikan beberapa petuahnya kepada para jamaah yang hadir, menurutnya ada beberapa hal harus dijalankan dalam berdo’a dan bermunajat kepada Allah SWT diantaranya bagaimana kita agar benar-benar bisa mengenalnya disamping harus menjalankan syari,at.
Habib  Haidarah bin muhsin Al Hinduan dalam bagian tausiyahnya mengingatkan ada tiga pokok yang harus dipegang didalam hidup oleh setiap manusia, khususnya bagi umat Islam yaitu yang menyangkut hukum agama Islam, Imam dan Ikhsan, usai tausiyahnya dilanjutkan dengan tahlilan bersama dan doa.
Secara terpisah melalui wawancara khusus dengan Metro 7 Habib Hamid Jafar Al Qadri sebagai juru bicara menjelaskan haulan syech Al Faqih Al Muqaddam RA dan Syech Saman Al madani AS adalah merupakan haulan yang ke 781 yang dilaksanakan oleh komunitas Ta’jamfiah Akhlitariqah Alawiyah Maksatudiniah Maksimiah.
Dan seluruhnya haulan tersebut dilaksanakan diseluruh Indonesia di beberapa titik, selain di Jawa bahkan di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat. Dan Habib Haidarah beserta rombongan akan berkeliling di wilayah Kalimantan diperkirakan akan memakan waktu selama satu bulan dalam rangka melaksanakan haulan Syech Al Faqih Al muqaddam RA.
“Pelaksanaan di desa Paliat Kecamatan Kelua ini dilakukan oleh ikhwan-ikhwan dan saudara-saudara yang ada disekitarnya, selama ini tercatat keanggotaan komunitas Ta’jamfiah Akhlitariqah di Kalimantan Selatan,” ujarnya.
Habib Hamid jafar Al Qadri katakana, jemaah yang dipimpinnya sangat banyak ada sekitar 5000 lebih dan yang aktif ada sekitar 3000 an dan yang pasif ada sekitar 2000, ujarnya.
Tema Haulan bertemakan “Dengan Mengenang dan Meneladani Wali-Wali Allah kita gapai Ridho Allah SWT dan kecintaan baginda Rasulullah”. (Metro7/Via)
13.53 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Komisi I,II, & III Kunjungi Pulang Pisau

Kabupaten Pulang Pisau merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Kapuas yang dibentuk berdasarkan UU No 5 Tahun 2002, dengan luas wilayah 899.700 hektar yang terdiri dari 8 kecamatan.
Pulang Pisau yang dinakhodai Achmad Amur selama 2 periode ini tambah hari tambah maju saja. Pulang Pisau yang terdiri dari kebanyakan daerah perairan saat ini menjadi andalan Kalimantan Tengah menjadi lumbung padi, perikanan dan peternakan. Namun dibidang-bidang lainnya pun Pulang Pisau tidak mau ketinggalan dari kabupaten lainnya di Kalimantan Tengah.
Oleh karena Pulang Pisau layak untuk menjadi perbandingan buat kemajuan Bumi Sarabakawa, anggota DPRD yang terdiri dari Komisi I, Komisi II dan Komisi III pertengahan bulan ini mengunjungi daerah yang dipimpin oleh Bupati Pulang Pisau H. Achmad. Amur, SH,MH dan Wakilnya H. Edy Pratowo, S.Sos,MM.
Pulang Pisau yang mempunyai Motto “Handep Hapakat” yang berarti adanya persatuan dan kesatuan semua komponen masyarakat serta terbuka dengan tidak membedakan agama, suku, dan warna kulit, dalam falsafah hidup gotong royong, sebagaimana kehidupan Suku Dayak dalam Betang dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Kedatangan rombongan DPRD Tabalong diterima langsung oleh Bupati, Wakil Bupati, Sekda Pulang Pisau dikantor Bupati Pulang Pisau sekaligus jamuan makan siang. Dalam pertemuan tersebut bupati yang mantan calon Gubernur Kalteng dan juga mantan jaksa itu menjelaskan tentang berdirinya Kabupaten Pulang Pisau sejak kedatangan Pejabat Gubernur Kalteng Rapiudin Hamarung, SH ke Pulang Pisau pada 7 Desember 1999.
Dilanjutkan dengan raker bupati se Kalteng pada tanggal 14 Desember 1999 yang membahas mengenai usulan pemekaran.
Tanggal 20 Desember 1999, masyarakat, tokoh intelektual, tokoh agama, tokoh agama, generasi muda, mantan birokrat yang berasal dari Pulang Pisau tersatu dalam satu Forum Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pulang Pisau menyampaikan tuntutan/pernyataan kepada Bupati Kapuas dan Pimpinan DPRD Kapuas agar Daerah Pembantu Bupati Kapuas Wilayah Pulang Pisau ditingkatkan statusnya menjadi daerah otonom Kabupaten Pulang Pisau.
Tanggal 21 Desember 1999 terbitlah keputusan DPRD Kabupaten Kapuas No 33/SK/DPRD-KPS/1999 tentang persetujuan peningkatan status  Pembantu Bupati Kapuas Wilayah Pulang Pisau dan Gunung Mas menjadi Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Gunung Mas.
Lewat perjalanan yang panjang dan berliku akhirnya UU No 5 Tahun 2002 tanggal 10 April 2002 dibentuklah 8 kabupaten baru di Provinsi Kalteng dan diundangkan dalam LN-RI No 18 Tahun 2002.     
Setelah mendapatkan penjelasan dari bupati, rombongan diterima di Aula yang dipimpin oleh Sekda, Drs.Junaidi Akik, SH, MM, M.Si dan Wakil Ketua DPRD Pulang Pisau,  H. Fadli, SE yang kebetulan kelahiran, Desa Marindi, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong.
Dalam seisen dialog mengenai mekanisme bantuan hukum oleh pemerintah kepada masyarakat, bantuan sosial pertanian dan Musrenbang, terjadi dialog yang sangat ramai.
Rapat yang dipimpin oleh Sekda dan dihadiri oleh seluruh SKPD Kabupaten Pulang Pisau berjalan seru dan saling mengisi.
“Kami berharap agar kita saling mengisi saja, karena kami menyadari bahwa daerah kami yang Bapak-bapak kunjungi masih banyak kekurangan”, jelas Akik.
“Yang jelas mengenai bantuan hukum bagi masyarakat yang kurang mampu akan difasilitasi oleh pemerintah daerah. Dan mengenai bantuan sosial bidang pertanian juga kami mengacu pada aturan yang ada. Sejak permohonan, veripikasi sampai penyaluran bantuan tidak luput dari pengawasan. Sedangkan mekanisme musrenbang tetap berjenjang. Musrenbang desa, musrenbang kecamatan dan musrenbang dikabupaten. Dan musrenbang desa merupakan prioritas untuk dilaksanakan, sebab musrenbang desa dihadiri oleh anggota DPRD. Khusus kepada kami pembantu bupati, Pak Amur berharap, selama kepemimpinan beliau jangan ada yang berurusan dengan hukum, sebab beliau malu sebagai mantan orang hukum harus berurusan dengan hukum”, tambah Sekda.
Setelah bertatap muka selama kurang lebih 4 jam rombongan DPRD dengan unsur pimpinan daerah Kabupaten Pulang Pisau. Rombongan yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Tabalong, H Tarsi, A.Md dan Ketua Komisi I, Komisi II dan Komisi III meninggalkan Pilang Pisau kembali ke Tabalong.
“Mungkin kami dalam waktu dekatpun DPRD Pulang Pisau dan jika perlu dengan pihak ekskutif akan mengunjungi Kabupaten Tabalong dalam hal menambah wawasan dalam membangun bumi Handep Hapakat”, tambah H Fadli, SE. (Tim)  
13.50 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Dana Pilkada Dianggarkan Dalam APBD 2013

Walaupun pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada Tabalong) masih menjadi perdebatan, apakah bisa dilaksanakan tahun 2013 atau diundur ke tahun 2015. Namun pemerintah daerah tetap mengganggarkan biaya pelaksaaan pilkada di APBD 2013 mendatang. Semula dalam APBD 2012 pemerintah juga mencadangkan biaya pilkada sebesar Rp 6 milyar, namun karena untuk menutup difisit anggaran maka dana tersebut diambil dan cadangan dana pilkada menjadi nihil. Untuk APBD 2013 ini pemerintah daerah kembali menggangarkannya.
Menurut Ihsan Dirgahayu, dari Kementrian Dalam Negeri Bagian Anggara yang menaungi Wilayah 3 termasuk Kalimantan Selatan. Untuk APBD tahun 2013, anggaran pilkada Tabalong seyogianya dianggarkan saja, karena kita mengambil hukum positif sajalah. Karena selama UU No 32 Tahun 2004 tentang pilkada tidak ada penggantinya maka  kita tetap memakai UU yang ada.
“Kita pakai UU No. 32 Tahun 2004 yang ada saja, kalau ada perubahan maka kita bisa menyesuaikan. Oleh karena itu sebaiknya anggaran pilkada tetap dibahas dianggaran 2013”, terang Ihsan.
Sementara Sri Nani dari Subdit Otonomi Daerah Wilaayah I yang juga membawahi wilayah Kalimantan Selatan sependapat dengan Ihsan dibagian anggaran.
“Selama UU Pilkada yang diajukan pemerintah kepada DPR belum dibahas dan menjadi UU maka kita tetap menggunakan UU lama yaitu UU N0 32 Tahun 2004. Memang Kementrian Dalam negeri lewat Humas pernah mengusulkan sekitar 41 Kabupaten/kota yang pelaksanaannya pilkadanya 6 bulan sebelum Pileg dan Pilpres diundur menjadi tahun 2015. Namun itu hanya usulan,  hingga kini belum dibahas di DPR, maka kita menggunakan UU lama dan kalau ada perubahan kita bisa menyesuaikan”, jelas Nani.
Memang pilkada memerlukan dana yang tidak sedikit dan dianggarkan harus 2 putaran. Kita berharap agar Pilkada nantinya berjalan dengan lancar tanpa gangguan terutama masalah dana pelaksanaannya. (Tim). 
13.49 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Prediksi APBD 2013 Tabalong Rp1 Triliun Lebih

Pada rapat paripurna bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tabalong di Gedung Graha Sakata, Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, Tabalong Senin (19/11) kemarin, Wakil Bupati Tabalong H Muchlis menyampaikan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Tabalong tahun anggaran 2013 mendatang.
Adapun rancangan APBD itu terdiri dari prediksi pendapatan daerah tahun 2013 mendatang, dengan total belanja daerah. “Pendapatan daerah pada tahun anggaran 2013 diprediksi sebesar Rp 1.038.627.298.300, dengan total belanja daerah sebesar Rp 1.048.790.395.487,” katanya.
Dijelaskan wakil bupati, yang ketika itu berada di atas podium, dan langsung didengarkan sejumlah pejabat Pemkab Tabalong dan seluruh anggota dewan setempat itu, belanja daerah terbagi atas belanja tidak langsung dan belanja langsung.
Melihat pendapatan lebih kecil dibanding pengeluaran atau belanja, maka dalam rancangan APBD tahun anggaran 2013 itu terjadi defisit.
“Selisih lebih belanja daerah dengan pendapatan daerah yaitu, Rp 10.163.097.187,” ucapnya lagi.
Meskipun defisit, bukan berarti hal itu dibiarkan mengisi utang APBD Tabalong. Diungkapkan wakil bupati, Tetapi, akan ditutupi dengan lelisih lebih penerimaan pembiayaan dengan pengeluaran pembiayaan.
Atas semua yang dipaparkannya, orang nomor dua di BUmi Sarabakawa itu mengungkapkan, penyusunan rancangan APBD merupakan upaya untuk memenuhi aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui forum musrenbang, maupun melalui para anggota DPRD sendiri.
“Namun perlu kami sampaikan pada kesempatan kali ini, bahwa tidak semua yang menjadi aspirasi masyarakat tersebut dapat kami penuhi dalam rancangan APBD 2013, karena harus berpegang pada skala prioritas dan tentu saja karena masih terbatas kemampuan keuangan dan dana yangdiperoleh,” ujarnya.


Raperda ABPD Tabalong 2013 :
-Prediksi Rp 1.038.627.298.300
-Total Belanja Rp 1.048.790.395.487
a.Belanja langsung Rp 449.499.840.130
b.Belanja Tidak Langsung Rp 599.299.555.357.
-Defiit Rp 10.163.097.187
-Penerimaan Pembiayaan Rp 33.246.261.799.
-Pengluaran Pembiyaan Rp 10.163.097.187

13.48 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Ulang Tahun Tabalong

Memasuki usia yang ke 47 Tahun Kabupaten Tabalong yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2012, sudah banyak pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong.
Apakah dengan bertambahnya usia Kabupaten Tabalong juga akan menambah kemajuan pembangunan di segala bidang seperti yang diharapkan masyarakat Tabalong.

Komentar :

Mutia Rahmah
Sepertix, semoga saja brtambah usia tabalong lbh maju dan sukses



Irfan Wahyuni Urbaningrum
Semoga tabalong kedepannya nanti lebih baik dan masyarakatnya lebih sejahtera..dan menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghafuur..


Surya Kencana Al-rasyid
Msh bnyak yg t’tinggal wdh bini q haja kd b’listrik,.ahahahaaa


Noer Alle
Semua berharap maju tapi kita juga harus berdiri pada realita karena kemajuan tergantung pada kita semua

Surya Kencana Al-rasyid
Lamun masarakat tu m’nikmati ja om ae,,.


Muhammad Noor AL-Saradangi
Dengan harapan mudah-mudahan dengan bertambah nya usia kab tabalong maka bertambah pula kemajuan insya Allah amien

Kaos Lampu
semoga,
13.47 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Mengapa Kita Beragama

Oleh: Prof. Dr. Komaruddin Hidayat (Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)


Pada umumnya, kita mengenal dan memeluk agama karena pengaruh lingkungan keluarga dan tradisi yang mapan dalam masyarakat. Setelah melalui proses belajar dan dengan bertambahnya usia serta pergaulan, tentu saja seseorang memiliki alasan dan penjelasan lebih rasional mengapa memeluk agama, meskipun tidak semua keyakinan dan pengalaman beragama bisa dijelaskan secara logis-rasional.
Inti keberagamaan, setelah beriman pada Allah dan keabadian jiwa, adalah berdoa. Bagi umat Islam, inti salat adalah berdoa.Ada dua dorongan psikologis mengapa seseorang berdoa pada Tuhan. Pertama, adanya rasa takut melihat dirinya kecil, tak berarti, di tengah semesta yang maha besar tak terjangkau garis tepinya ini.
Yang tak terpahami kandungan dan perilakunya yang penuh misteri. Jadi, rasa takut merupakan salah satu dorongan manusia mengapa berdoa memohon pertolongan dan perlindungan. Oleh karena itu, banyak ditemukan teks doa yang mengiba-iba mohon ampun dan perlindungan kepada Tuhan.
Dorongan lain mengapa seseorang meyakini adanya Tuhan dan kemudian selalu melakukan ritual doa adalah adanya rasa kagum melihat kebesaran, keberlimpahan dan keindahan semesta ini.Semua kebutuhan manusia tersedia di jagat semesta.
Dunia bagaikan taman raksasa yang sangat indah tempat manusia terlahir dan tumbuh, yang semuanya tersedia bukan dari hasil ciptaan tangannya. Rasa kagum ini memunculkan penalaran logis dan sikap keberagamaan, bahwa semesta ini pasti ada penciptanya yang Mahaindah dan Mahaagung yang kepadanya manusia mesti bersyukur.
Karena adanya rasa kagum ini, dalam berdoa seseorang lalu memuji Tuhan.Puji-pujian terhadap Tuhan akan dijumpai di semua ajaran agama.Pujian dan permohonan merupakan inti dari ritual keagamaan. Pujian sebagai ungkapan terima kasih, sedangkan permohonan akan perlindungan Tuhan muncul dari rasa takut.
Ekspresi dari dua keyakinan dan perasaan ini lalu diwujudkan dalam bentuk festival keagamaan. Festival keagamaan mengandung beberapa ciri. Pertama, sifatnya masif-komunal, dilaksanakan secara beramairamai. Kedua, ada aturan atau norma yang dibakukan dan cenderung disakralkan tata cara atau prosedur upacaranya, termasuk dalam hal pakaiannya.
Ketiga, doa merupakan inti upacara, yang mengandung maksud untuk memuja dan membujuk Tuhan,agar Tuhan menjauhkan bencana. Pada tradisi agama tertentu ada yang diwujudkan dalam sesajen, dimaksudkan untuk membujuk dan mengiba pada Tuhan agar tidak marah.
Keempat, festival agama dilakukan tidak sembarang tempat dan waktu, melainkan pada tempat dan momen yang dianggap mulia dan suci. Dalam Islam,yang paling spektakuler adalah festival ibadah haji. Semua agama kalau diselami memiliki dua kutub fundamental.
Bermula dari keyakinan adanya Tuhan Sang Pencipta dan Pemilik semesta,berujung pada keyakinan adanya keabadian jiwa setelah kematian nanti.Yang paling diharapkan oleh orang beragama adalah memperoleh keselamatan dan kebahagiaan di akhirat nanti,sehingga setiap agama mengenal konsep surga-neraka dengan pengertiannya yang berbeda-beda.
Dari dua kutub keyakinan fundamental itu muncul doktrin dan ajaran lainnya, terutama doktrin ritual bagaimana tata cara menyembah Tuhan dan doktrin tentang amal saleh. Dengan demikian, semua dimensi agama yang paling menonjol ada empat,yaitu beriman pada Tuhan, pada nasib baik buruk setelah kematian,adanya ritual keagamaan, dan konsep amal kebajikan dalam hidup.
Untuk memahami siapa Tuhan dan apa kehendak-Nya, muncul dua macam agama; agama wahyu (revealed religion) dan agama yang tumbuh secara alami (natural religion). Apa yang disebut sebagai rumpun agama Ibrahimik sangat kuat berpegang pada ajaran wahyu yang disampaikan melalui Rasul-Nya.
Dalam hal ini sosok Musa,Isa,dan Muhammad,meneruskan ajaran para rasul sebelumnya, diyakini sebagai perantara Tuhan untuk manusia, datang menyampaikan pesan dan ajaran-Nya,yang kemudian terhimpun dalam kitab suci. Ada lagi keyakinan pada Tuhan dan ajaran moral semata berdasarkan hasil pencarian berdasarkan nalar dan hati nuraninya.
Para filsuf dan kaum humanis meyakini Tuhan tidak berdasarkan kitab suci, tetapi dengan melakukan refleksi dan kontemplasi. Hal serupa pernah juga dilakukan oleh Muhammad sebelum didatangi malaikat Jibril membawa wahyu Tuhan.Novel filsafat Hayy bin Yaqdhan karya Ibn Tufail memberikan ilustrasi bahwa dengan mengamati alam seseorang bisa sampai pada keyakinan adanya Tuhan.
*Artikel ini pernah dimuat Harian Seputar Indonesia

13.44 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

METRO PHONE

Muat Jadwal Pemadaman Listrik
Assalamualaikum.wr.wb. Kepada Metro 7 tolong dimuat jadwal Pemadaman Listrik bergilir di wilayah Tabalong khususnya. Serta kenapa PDAM Tanjung Sering macet? Mohon kepada media menelusurinya, untuk kebaikan bersama. Thanks Metro.  +6285246899XXX
Red : Akan kami muatkan, trims

Mengapa Sekarang Mempermasalahkannya
Assalammualaikum wr.wb. Saya mau bertanya  mengapa baru sekarang kalian (Dinas yg bersangkutan)  mempermasalahkan  Tenda di taman Tanjung, setelah lewat 1 tahun lebih.??  Kenapa saat pembangunan" Tenda di taman tanjung kalian tidak menegur/tidak memperbolehkannya di bangun Tenda tersebut.... Bukankah kalian sudah tahu bahwa Pembuatan Tenda Tersebut ILEGAL. . Tidak mungkin kalian menutup mata saat pembuatan Tenda tersebut dan membiarkannya dibangun..  Bukankah kalian orang yg berpendidikan..Banyak orang yg di rugikan atas Tenda tersebut, orang yg ditipu lah.. Mohon Penjelasannya mengapa baru sekarang kalian mempermasalahkannya kenapa tidak dari dulu saat di Bangun ..?  Dan bagaimanakah dgn Uang orang yg dirugikan tersebut.. Wassalam mualaikum wr.wb  Dan Semoga Metro tetap Jaya.. Amien :  +6285754357XXX

Merusak Nama Baik Tukang Parkir
Aku sangkal banget pada orang yg suka merusak nama baek tukang parkir kelua, kami parkir sepeda bukan parkir helm/barang,kami sepeda aza sudah susah di jaga, mana kawa manjagakan barang...lawan lagi orang disini kadada yg parkir helm/barang...  +6285248373XXX

Bawa Gembok Helm
Orang bila markir sapeda tu di kalua bawa gembok helm di gembok barang di rantai di sapedanya, jadi bila hilang,hilang sa angkatan  +6285248373XXX

Kenapa Air Sering Macet
Assalamualaikum. Kepada petugas PDAM tanjung, kenapa air sering macet?? Kalau alasan tidak ada air sudah terbantahkan, karena sungai Tabalong kan tidak kering. kalau alasan terlalu banyak pelanggan, kenapa pipa-pipa tdk ditambah? Kalau karena keterbatasan mesin penyedot, masa pemerintah tidak bisa membeli. Kalau begitu kekayaan Alam Tabalong pergi kemana?? Terus uang yg dibayar setiap bulan dari pelanggan untuk apa?? "jazakmllh"  +6285246899XXX

Jalan Desa Rusak
Met siang metro... Gara-gara truck pengangkut batu gunung sering lewat setiap hari di Desa Padangin... Akhirnya jalan di desa kelahiranku itu mengalami kerusakan,,, Padahal jalannya baru di perbaiki... Kasihanilah warga Padangin... Tolong buat Bapak Kepala PU memperhatikan jalan di tempat kami ini... Buat metro terima kasih...  +6281345355XXX

Ngaca Dulu
Pelayanan PLN sangat buruk tapi yg lebih mengecewakan lagi kami diberi selebaran yg memperingatkan utk bayar listrik tepat pada waktunya. PLN NGACA DULU D0NK, UDAH BAGUS APA TIDAK PELAYANAN TERHADAP MASYARAKAT.  +6285349383XXX

Gaji Tidak Sebanding Dengan Uang Saku
Harapan anak-anak PERSETAB kepada anggota yg bersangkutan di PSSI Tabalong saya mewakili pemain PERSETAB sendiri tolong lah kami dana, jangan sampai yg ke 2 kalinya seperti yg di Batu Licin uang yg tidak cukup dengan usaha kami. Kami ikhlas membawa nama Tabalong ini sangat-sangat ikhlas tapi mengertilah dengan usaha kami. Gajih kami tidak sebanding dengan uang saku kami kemarin di Batu Licin. Kami juara 2 di divisi 3 gajih kami cuman 200.000 saya aja uang saku habis disana 350.000 teman-teman saya ada yg sampe 400.000. Jadi sadarlah. Bantulah kami sesuaikanlah dengan keringat kami membela Tabalong sampai juara 2. Kami bahagia pasti Tabalong bahagia juga MOHON BANTUANNYA TERIMA KASIH WASALLAM  +6285754660XXX

Betul-Betul Mencari Juri
Buat metro tolong sampaikan dengan Dinas Pariwisata.. Apabila mengadakan acara hari jadi Kabupaten Tabalong, contohnya kemaren lomba nyanyi solo tingkat SMP/SLTA yg diadakan ditaman kota tanjung. Bujur-bujur mencari juri.  Jangan dipakai kalau jurinya tuli dan juling matanya. Kasian anak-anak kita yg benar-benar ikut kompetisi. Masa nang kada baik bisa juara. Parah.. Parah.. Mun menggunakan KKN.  +6285350428XXX

Adakan Pembuatan SIM Massal
Hei.. metro tolong di muat yah,Bapak - Bapak polisi  tolong dong di adakan kembali pembuatan SIM Massal di Desa Kecamatan seperti dulu soalnya sudah banyak para generasi sekarang yang pakai kendaraan motor tanpa SIM, biar semua taat hukum. Buat metro semoga sukses  +6282153641XXX

Tidak Ada Yang Korupsi

Kepada Bapak Bupati dan Ketua KONI mohon dana untuk tim kita PERSETAB Tabalong. Terima kasih kalau mau membantu didalam yang bersangkutan di PERSETAB tidak ada yg pernah ngorupsi karena kamì salìng kerja sama menghitung pengeluaran jadi bagi kami tidak ada yang ngorupsi terima kasih  +6285754660XXX
13.43 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Dinas Kesehatan Balangan Peringati HKN

Paringin – Apel peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 47 dihadiri sejumlah pejabat Balangan itu dijadikan moment  yang tepat untuk menyerahkan berbagai penghargaan seperti penyerahan tropi bagi bidang berprestasi,TPG Teladan, lomba desa posyando dan lain-lain.
Sementara bertindak selaku Pembina Upacara adalah Sekda Balangan Riduan Darlan sekaligus membacakan sambutan Mentri Kesehatan RI Endang Rahayu Setya Ningsih MPH Dr.PH.
HKN tersebut bertema”Indonesia cinta sehat “. Tema tersebut dimaksudkan untuk mengajak masyarakat Indonesia membiasakan hidup sehat dan mengutamakan kebersihan lingkungan hidup khususnya kabupaten balangan.
“Setiap orang berkewajiban berprilaku hidup sehat dan dapat dibuktikan dengan adanya struktur seperti menurunnya angka kematian bayi dari ibu, serta meningkatnya status gizi masyarakat, menurunnya jumlah penderita Tuberkolosis  di Indonesia  dan tidak ada lagi ditemukannya penderita Polio sepanjang 5 tahun terakhir ini,” ujarnya.
Menkes katakana, pemerintah memberikan imunisasi campak sekitar 11,9 juta anak dan 14 juta anak untuk polio di berbagai  propinsi untuk menyukseskan pencapaian  Eleminasi Campak, Malaria, Vilariasi dan Kusta.
“Upaya tersebut diadakannya melalui cara dibangunnya Pusat Pelayanan Masyarakat yaitu seperti program Jamkesmas, Jampersal dan box. Dengan cara itu maka akan teratasi  masalah-masalah yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat,” katanya. (Metro7/Sri)
13.41 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Mobil Internet Bantu Majukan Iptek

Paringin – Keberadaan enam unit mobil pusat pelayanan interner kecamatan (MP2IK) dikabupaten Balangan yang sudah ada sejak bulan Desember 2011 lalu, dinilai sangat membantu Dinas Pendidikan Balangan dalam memajukan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi  (Iptek) dikalangan pelajar .
Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Balangan Eddy Yulianto, baru-baru tadi kepada Metro7.
Dikatakannya, keberadaan mobil “pintar” itu membantu pelajar Balangan dalam membuka wawasan lebih luas lagi dibidang iptek, dan sedikit banyak akan membantu pelajar dalam memperoleh informasi dari internet yang diakses secara gratis itu, kata Eddy .
”Terutama pelajar yang berada didaerah atas dan jauh dari kota, mereka masih sulit menjangkau internet, dengan adanya mobil internet itu, pelajar bisa menjangkau dunia luar,“ tuturnya.
Menurut Eddy, dalam setiap satu unit mobil internet itu dilengkapi dengan enam buah laptop, genset dan LCD. Kemudian telah dilatih masing-masing dua  orang  setiap satu mobil yang akan mengoprasikan jaringan internet .Ditambah satu orang sopir yang juga telah terlatih menguasai bahan pengoperasian internet .
Dijelaskannya, mobil Internet selama ini beroprasi di kecamatan-kecamatan, dengan sasaran utama sekolah dan para pelajar, terutama yang berada didaerah pedalaman yang dianggap masih sulit mengakses informasi luar di daerah itu .
Sedangkan SKPD yang dipercaya untuk mengelola pengoprasian mobil pusat pelayanan internet kecamatan itu adalah Dinas Pendidikan, KP2T, Bagian Humas dan Protokol, Perpustakaan Daerah, Dinas Perhubungan Telekomunikasi dan Informasi dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
“Selama empat tahun kedepan, keenam mobil itu bebas biaya pemeliharaan APBD. Dan Pemkab Balangan hanya diwajibkan membayar satu juta rupiah permobil perbulanya , untuk membeli voucher pengisian ulang , dan untuk membayar jasa jasa yang mengoperasikan jalannya internet tersebut,” ucap Eddy.
Sementara itu dalam suatu kesempatan Bupati Balangan Sefek Effendie berharap, dengan dimanfaatkannya pengoperasian mobil Internet itu,  akan membantu masyarakat dalam membuka akses informasi . “Dengan mobil ini diharapkan masyarakat bisa melek informasi, “  ujar Bupati Sefek . (Metro7/Sri)
13.40 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

LAKIP Disosialisasikan Selama Dua Hari

Paringin -- Laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LAKIP) merupakan salah satu bahan evaluasi akuntabilitas kinerja SKPD ditahun berjalan, sekaligus bahan pertimbangan formulasi kebijakan pimpinan unuk tahun berikutnya, termasuk dalam merumuskan dan mengembangkan pembenahan –kekurangan  yang  masih ada.
Adapun sosialisasi yang dilakukan selama dua hari itu yang berlangsung diaula Bupati balangan yang telah lalu bertujuan untuk mendukung terwujudnya LAKIP yang berkualitas dari tiap-tiap instansi dilingkungan penerintahan kabupaten balangan .
Melihat sedemikian besarnya LAKIP, maka setiap instansi  pemerintah diharapkan dapat menyusun laporan secara komprehensif, dengan format dan sistematika yang seragam sehingga memudahkan dalam menelaah kandungannya.
Diharapkan,  setelah  diadakan sosialisasi tersebut dapat member manfaat  yang optimal, baik bagi masing- masing personal maupun yunit kerjanya. Hal mana akan berarti pula suatu kontribusi positif terhadap penyelenggaraan roda pemerintahan dan pembangunan atau dengan kata lain merupakan tambahan pengetahuan yang diharapkan dapat diterapkan secara maksimal dalam melaksanakan tugas di unit kerja masing-masing .
Sehingga pemerintah kabupaten balangan mengadakan sosialisasi LAKIP yang dilaksanakan secara terarah dan kondusip guna terlaksananya kegiatan tersebut, sesuai yang diharapkan pemerintah kabupaten balangan ,dan hal ini merupakan suatu upaya yang akan dilaksanakan, dan diadakan di kabupaten Balangan. (Metro7Sri)
13.40 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Lelang Proyek Barang dan Jasa, Balangan Berlakukan e-PROC

Paringin -- Pemerintah kabupaten balangan pada tahun2012 ini telah menerapkan system elektronik procurement atau e-proc dalam proses pengadaan barang dan jasa .
Bupati Balangan H ,Sefek effendie mengatakan bahwa, untuk persiapan pada tahun 2012 ini telah dilakukan pelatihan dan bimbingan teknis . “Berdasarkan kepres NO 54 tahun2010 ,sebagian paket pekerjaan pada 2012 ini sudah dilakukan menggunakan system e-proc hingga sejak 2012 ini kita melakukan persiapan,” katanya.
Penggunaan system e-proc diakui akan dapat meningkatkan dan menjamin efisiensi, efektifitas, transparasi dan akuntabilitas dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah .
Ia menambahkan, proses pengadaan barang dan jasa pemerintah melalui system e-proc akan lebih menjamin tersedianya informasi ,kesempatan dan peluang usaha .
“Penerapan system tersebut juga akan mendorong terjadinya persaingan yang sehat dan terwujudnya  keadilan bagi seluruh pelaku usaha, khususnya bagi mereka yang bergerak dibidang pengadaan barang dan jasa,” tambahnya.
Penerapan e-proc pada tahun 2012 ini merupakan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung pemerintah pusat untuk menerangi kolusi korupsi dan Nepotisme pada proses pengadaan barang dan jasa. (Metro7/Sri)
13.39 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Upaya Pengamanan Produksi Padi Balangan Ditingkatkan

Paringin -- Menurut Kepala Bidang Tanaman Pangan Dan Holti Kultura Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holti Kultura Peternakan Dan Pertanian Kabupaten Balangan Haryono mengatakan, Paringin merupakan ibu kota Balangan bahwa upaya pengamanan produksi padi itu dengan melaksanakan sekolah lapangan.
“Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT) dan Sekolah Lapangan Iklim (SLI) dalam kegiatan SLPHT diberikan pengetahuan tentang pengenalan dan pengendalian serta penanganan hama pengganggu tanaman yang berdampak kepada para petani,” kata Haryono.
Dikatakannya, dengan adanya kegiatan tersebut petani akan lebih siap menghadapi kemungkinan adanya serangan hama pengganggu tanaman pada musim tanam periode mendatang ,
Ia menambahkan, upaya adanya kesiagaan dan kesiapan dari petani akan dapat terhindarnya kegiatan  yang bisa diakibatkan oleh serangan hama pengganggu tanaman agar tidak mempengaruhi padi, ujarnya.
Kegiatan dilaksanakan sebanyak 14 kali dalam setahun sepanjang akhir 2012 ini, dimana pada saat itu sudah memasuki masa tanam, dan pelaksanaan kegiatan sekolah lapang akan diprioritaskan pada daerah-daerah yang cenderung mempunyai masalah hama dan iklim.
“Untuk kegiatan SLPHT  dilaksanakan di kecamatan Juai dan Paringin, sedangkan kegiatan SLI dilakukan di kecamatan Awayan, Juai, Halong dan Paringin Selatan,” tambah Haryono lagi. (Metro7/Sri)
13.39 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Ekspose Pembuatan Inventarisasi Database Jasa Konstruksi

Barabai -- Bupati Hulu Sungai Tengah Dr Ir H Harun Nurasid MM MT hadiri acara ekspose draft laporan akhir pekerjaan pembuatan inventaris database jasa konstruksi kab. HST melalui aplikasi software, bertempat di aula Dinas PU kab HST, Selasa ( 27/11) kemarin.
Menurut Harun selaku pengarah unit kerja Pembina jasa konstruksi (UKPJK), kebijakan penerapan otonomi daerah sesuai dengan undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah menyebabkan beralihnya pengelolaan pekerjaan sector konstruksi dari pusat ke daerah-daerah.
“Para pelaku di sector konstruksi yang tadinya terkonsentrasi di kota-kota besar akan terbagi ke daerah-daerah termasuk di provinsi kalsel salah satunya kab. HST,” katanya.
Lebih lanjut, Harun memaparkan dalam menghadapi globalisasi yang sudah didepan mata, maka para pelaku dibidang konstruksi perlu senantiasa dan harus memperbaharui kemampuan administrasi, teknis dan meningkatkan profesionalitasnya agar memilki keunggulan kompetitifnya terhadap para penyedia jasa.
“Potensi besar sector konstruksi ini menuntut kesiapan khususnya pemerintah daerah selaku Pembina jasa konstruksi daerah untuk menghadapi pesatnya perkembangan dan kemajuan sector konstruksi pada saat ini serta peraturan adiminstrasi yang terus berkembang,” terangnya.
Harun juga menambahkan dalam rangka mempermudah pengelolaan pembinaan jasa konstruksi pemerintah pusat melalui badan pembinaan konstruksi kementrian pekerjaan umum telah menyiapkan instrument  berupa system informasi Pembina jasa konstruksi (SIPJAKI).
“Adapun beberapa manfaat  yang didapat apabila database penyedia jasa tersebut sudah akurat seperti dapat menggambarkan dinamika ekonomi di Kab HST khususnya di sector konstruksi, bersineegi dengan pemerintah provinsi, pemerintah pusat serta dengan lembaga pengembangan jasa konstruksi (LPJK) terutama dalam hal pengembangan system informasi data penyedia jasa, bermanfaat untuk komparasi saat entry data izin usaha jasa konstruksi serta manfaat lainnya untuk proses pembangunan di Kab HST,” pungkasnya.
Turut berhadir pada eskpose ini yaitu para kepala SKPD dan para pengusaha dibidang jasa konstruksi. (advhumashst)
13.38 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Stop Kekerasan Pada Perempuan Dan Anak

Barabai -- Dalam rangka hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan anak tahun 2012 Polres HST bekerja sama dengan Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) dan PPA Kab HST menggelar aksi kampanye 16 hari anti kekerasan, yang dipusatkan dijalan Perwira Depan Lapangan Dwi Warna Barabai,  Senin (26/11) kemarin.
Aksi kampanye 16 Hari anti kekerasan ini ditandai dengan pembagian brosur dan PIN yang bertemakan Sejuta Senyum Untuk Perempuan dan Anak Indonesia kepada para pengendara motor dan  pengguna jalan.
Menurut Kanit PPA Polres HST Bripka Herfih dalam perkembangannya, Kampanye ini bukan hanya menjadi perhatian para feminis dan aktivis perempuan dan anak yang ada di kabupaten HST, namun menjadi kerjasama dan sinergi berbagai pihak baik dari pemerintah kab HST, swasta, maupun masyarakat lainnya.
“Hal ini salah satu upaya menghapus kekerasan terhadap perempuan dan anak dengan tujuan membangun dunia tanpa kekerasan, dimana perempuan dan anak dapat menikmati hak asasinya,” katanya.
Lebih lanjut, Herfih menerangkan strategi yang diterapkan dalam kampanye ini beragam sesuai dengan karakteristik dan kekhassan masing-masing daerah baik dari segi ekonomi, social budaya dan politik, namun secara prinsip di tekankan untuk menggalang gerakan solidaritas berdasarkan kesadaran bahwa kekerasan terhadap perempuan dan anak merupakan pelanggaran HAM.
“Intinya mengajak semua orang dari berbagai kalangan terlibat aktif sesuai dengan kapasitasnya dalam upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan serta mendorong terwujudnya jaminan perlindungan yang lebih baik bagi para survivor atau korban yang telah mampu melalui pengalaman kekerasan dan menjadi berdaya,” terangnya.
Herfih juga menghimbau untuk meningkatkan pemahaman mengenai kekerasan terhadap perempuan dan anak, memperkuat kerja dan jejaring kerja penanganan kasus-kasus kekerasan, membangun kerjasama yang lebih sistematis dalam penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak di tingkat local maupun nasional.
“Selain itu saya juga menghimbau agar mengembangkan metode-metode yang efektif dalam meningkatkan pemahaman public dalam gerakan penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak serta memperkuat advokasi terhadap lembaga penyelenggara Negara agar memenuhi kewajiban menghapuskan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak,” imbuhnya. (advhumashst)
13.37 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Angka Kemiskinan di HST Menurun

Barabai -- Upaya pemerintah Kabupten Hulu Sungai Tengah untuk menekan angka kemiskinan menunjukkan keberhasilan nyata.
Hal ini setidaknya dapat dilihat dari data statistik Biro Pusat Statistik (BPS) yang mana pada tahun 2010 angka kemiskinan mencapai 15.365 jiwa dari 243 ribu penduduk atau mencapai 6,32 persen berhasil diturunkan menjadi  14.891 atau turun menjadi 5, 98 persen pada tahun 2011.
 “Kita komitmen bekerja keras untuk menurunkan tingkat kemiskinan melalui pendekatan program secara holistik dan integratif dan bertahap untuk menghapus kemiskinan melalui program dan kegiatandi beberapa SKPD, ” ujar Bupati Hulu Sungai Tengah H. Harun Nurasid.
Kegiatan nyata untuk menumbuhkan kemadirian dan mengentaskan kemiskinan dyang terkonsentrasi di desa-desa diantaranya melalui aksi  Badan  Pelaksana Penyuluh  membuat gerakan pengentasan kemiskinan percontohan agribisnis pertanian. Dengan membentuk kelompok usaha agribisnis di pedesaan. Manfaat mencari peluang usaha bidang pertanian dan mmenumbuhkan minat para pemuda tani.
Kantor Ketahanan Pangan hebat juga, mereka mengembangkan desa mandiri pangan di 13 desa, tujuannya tidak ada lagi isu rawan pangan. Melalui lembaga usaha ekonomi ketahanan pangan berharap harga gabah dan beras stabil di 7 kecamatan. Itu ditunjukan dengan kerjasama dengan perusahaan penggilingan yang aktif melakukan jual beli gagah.
Dinas Perdagangan, Pasar, Koperasi dan UMKM. Selain merehab 5 pasar dan menyediakan sarana prasarana 50 tenda untuk PKL Pasar Keramat Barabai, juga bercita-cita menumbuhkan inovasi jiwa kemandiran UKM yang lebih berkualitas. Bidang koperasi juga membentuk 4 pra koperasi. program itu lengkap dengan penggunan dana bergulir dan menyiapkan 14 UKM yang bisa mengakses permodalan ke lembaga keuangan sebagai pengembangan klaster bisnis.
 Menurut Harun untuk selama ini telah dialokasikan dana sebesar mengalokasikan Rp. 25 milyar khusus untuk pengentasan kemiskinantahun, diantaranya dana sharing dengan APBN, APBD Provinsi diantaranya.
            Untuk itu pula Harun berkomitmen untuk semakin memperhatikan penganggaran untuk pengentasan kemiskinan yang memang telah menjadi prioritas utama pemerintahan yang dipimpinnya.
“Namun kita lebih memberi pancing agar masyarakat kurang beruntung tumbuh mandiri. Karena itu juga kita berikan beraneka pelatihan keterampilan, ” ungkapnya seraya mengatakan bahwa pengentasan kemiskinan tidak terpaku pada proyek fisik yang belum tentu memiliki daya ungkit yang kuat untuk memecahkan masalah kemiskinan. Untuk itu perlu dipadu dengan program pemberdayaan.  

 Programkan Bedah Ribuan Rumah

Langkah nyata Pemkab HST dalam mengangkat martabat penduduk miskin melaluu Dinas Naker Transos adalah dengan merealisasikan program bedah rumah warga kurang beruntung.
 Pada tahun 2012 terdapat 68 buah rumah yang dibedah, enam diantaranya bekerjasama dengan TP. PKK dan pihak swasta. Untuk tahun 2013 telah dimasukkan dalam rencana anggaran untuk membedah 200 buah rumah miskin.
“Kita akan meloby pemerintah pusat agar dapat membantu dana, apabila tidak dibantu kita support dengan APBD murni,” tegas Harun.
Harun bertekad selama pemerintahannya, ribuan rumah warga kurang beruntung yang memerlukan sentuhan bantuan akan dibedah secara bertahap, hal ini sebagai gerakan nyata pengentasan kemiskinan.
 “Kita berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya pengentasan kemiskinan, diantaranya kepada DPRD yang mendukung penganggaran dan TP PKK yang rajin turun ke lapangan melaksanakan pembinaan ke masyarakat untuk pemberdayaan dan meningkatkan harkat martabat hidup masyarkat,” tambahnya. (advhumashst)
13.37 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Sosialisasi Perencanaan Program CSR Untuk 32 Desa

PROGRAM Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Adaro Indonesia, bidang sosial budaya yang merupakan salah satu kegiatan bina desa tahun 2012 disosialisasikan kepada 32 desa binaan PT. Adaro yang terdapat di 8 Kecamatan yaitu kecamatan Tanta, Murung Pudak, Muara Harus, Pugaan, Kelua, Tanjung, Haruai dan Kecamatan Upau.
Sosialisasi program CSR PT. Adaro bidang sosial budaya dilaksanakan di aula Gedung Joewang 45 Tanjung Senin (26/11) tadi diikuti camat, kepala desa, Ketua BPD.
Sedangkan pihak PT. Adaro yang memberikan sosialisasi adalah Superintendent CSR H. Fajerianoor, sebelum dilaksanakan paparan sosialisasi terlebih dahulu sambutan camat Tanjung Drs. Akhmat Tajuddin, M.Si yang sekaligus membuka kegiatan sosialisasi.
Dalam sambutannya Camat Tanjung menjelaskan, tujuan sosialisasi program CSR PT. Adaro adalah untuk memberikan pengetahuan bagaimana mengelola penggunaan dana bantuan CSR dengan baik sehingga tidak menimbulkan permasalahan-permasalahan yang tidak baik atau ketidakharmonisan aparat pemerintah desa dengan masyarakat terkait dengan bantuan yang diberikan terhadap desa.
 Ia menjelaskan, bahwa bantuan program CSR terhadap desa merupakan kewajiban pihak perusahaan dalam membina desa disekitar wilayah operasional.
Sementara itu super intendent CSR PT. Adaro Indonesia H. Fajerianoor memaparkan, beberapa hal terkait program CSR diantaranya “etika pihak perusahaan dalam memberikan bantuan kepedulian bidang sosial budaya melalui kegiatan bina desa “ termasuk aspek hukumnya.
PT. Adaro melalui program CSR bina desa akan memberikan bantuan dana CSR berdasarkan proposal yang telah dibuat melalui musyawarah desa dengan mengundang camat / aparat kecamatan, kepala desa dan aparatnya, BPD, tokoh msyarakat, tokoh agama, organisasi / kelompok kemasyarakatan yang ada di desa dan masyarakat umum lainnya. Dokumen proposal disahkan oleh camat dan diverifikasi kelengkapannya oleh tim CSR,  penyaluran dana CSR akan disalurkan 100% ke rekening program CSR desa.
Alokasi dana untuk desa dari program CSR masing-masing desa binaan : ring 1 sebesar Rp. 75.000.000, ring 2 sebesar Rp. 50.000.000, dan ring 3 sebesar Rp. 25.000.000,-
“Alokasi dana tersebut dipergunakan untuk membiayai kegiatan yang merupakan prioritas di desa berdasarkan hasil musyawarah desa perumusan program CSR pertahun anggaran, dan dalam pemanfaatan dana CSR akan dilakukan pendampingan oleh team CSR PT.Adaro,” ujarnya.  (Metro7/Via)
13.32 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

PT. Pama Dukung Pelestarian Hutan di Tabalong

 Marsan
Staf Humas PT.Pama
KEBERADAAN hutan kota yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Tabalong dikawasan desa Pembataan Kecamatan Murung Pudak untuk menciptakan kawasan perkotaan yang hijau dan sejuk mendapat dukungan dari PT. Pamapersada Nusantara (PT.Pama) dalam hal pemeliharaan lokasi hutan kota.
Menurut Staf Humas PT.Pama Marsan dukungan perusahaan terhadap keberadaan hutan kota yang dicanangkan pemerintah daerah, pihak PT.Pama sejak tahun 2010 secara rutin melakukan pembersihan dilingkungan hutan kota dengan melakukan penyemprotan secara berkala.
“Kami juga dalam waktu segera akan melakukan pengecatan terhadap pagar. Hutan kota yang sudah terlihat kropos itu,” ujar Marsan.
Pjs Kepala Dinas Tata Kota dan Kebersihan (Distakober) Kabupaten Tabalong Ir.H.Noor Rifani,SH,MT ketika dikonfirmasi Metro 7 membenarkan adanya kepedulian PT. Pama untuk turut berpartisipasi melakukan pemeliharaan terhadap hutan kota di kabupaten Tabalong.
“Kami sangat mengapresiasi kepedulian perusahaan PT. Pama yang turut mendukung pelestarian hutan kota seluas ± 4 hektar, karena diketahui bersama hutan kota sangatlah dibutuhkan bagi masyarakat Tabalong khususnya masyarakat yang tinggal dikawasan perkotaan,” ujar H Fani panggilan akrab pria murah senyum ini.
Kedepan akan diupayakan pengembangan hutan kota melalui dana APBN Pusat, dalam hal ini Distakober bersama-sama PT. Pama akan membuat master plan yang akan diusulkan pemerintah pusat terang, tambah Fani.  (Metro7/Via)
13.32 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Potensi PAD Pajak Belum Tergali

RUSMIATI,SH,MM
KEPALA DINAS DPPKAD KABUPATEN BARTIM
Tamiang Layang – Banyak potensi penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) belum digarap tahun ini. Instansi teknis yang ada kaitannya dengan PAD itu diminta tanggap untuk memanfaatkan potensi pajak tersebut. Potensi yang belum maksimal digarap untuk kas daerah di Kabupaten Bartim.
Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala DPPKAD Bartim Hj Rusmiati,SH,MM kepada Metro7 di Temiang Layang belum lama tadi.
Dikatakannya, potensi yang belum maksimal dikerjakan itu seperti jasa pelabuhan tambang, stockpile, jembatan timbang angkutan batubara, dan perhotelan yang kini menjamur di Kota Tamiang Layang dan Ampah.
Potensi PAD dari sektor pajak itu yang belum tergarap dengan baik itu terungkap saat sosialisasi Perda Pajak dan Retribusi Daerah yang digelar oleh Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Bartim bersama Kantor Perpajakan Pratama Muara Teweh di Kantor DPPKAD Bartim.
Tak heran, belum tergarapnya dengan maksimal potensi PAD itu membuat penerimaan daerah dari sektor pajak menjadi perhatian serius.
Ia jelaskan, salah satu cara adalah menerapkan Perda Pajak dan Retribusi Daerah dengan sungguh-sungguh. Untuk menerapkan perda itu, DPPKAD juga membentuk tim pengawasan potensi PAD, sehingga penerimaan daerah itu bisa efektif dan termonitor, ujarnya.
Rusmiati berharap, Perda tersebut berjalan efektif, karena jika tidak terlaksana dengan baik, maka menjadi penilaian dan temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan.
Sementara Sosialisasi Perda Pajak dan Retribusi Daerah itu diikuti dari instansi teknis yang berkaitan dengan potensi-potensi PAD di Kabupaten Bartim.
Dalam sosialisasi itu juga menginventarisir potensi PAD yang bisa digarap, terutama dari sektor pajak.PAD dari sektor pajak itu perlu digenjot. Pasalnya, kata Rusmiati, salah satu sumber pembiayaan pembangunan di Bartim adalah melalui pajak.  (Metro7/M.Jaya)
13.27 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Wabup Peringati Kades Jangan Dukung Calonbup

Ir Yuren, S Bahat,ST,MM
Tamiang Layang – Sejumlah figur yang berencana ikut mencalonkan diri pada Pemilukada Bartim nanti, mulai masuk ke desa-desa untuk bersosialisasi. Para Kepala Desa (kades) diminta tidak menyediakan fasilitas, apalagi terlibat langsung dalam dukung-mendukung figur tersebut.
“Melalui media ini saya minta agar para kepala desa tidak terlibat politik praktis dan dukung mendukung kepada figur yang akan mencalon. Apalagi mengajak masyarakatnya untuk mendukung kepada figur itu. Jika ketahuan dan terbukti, ada sanksi yang akan dijatuhkan,” tandas Wakil Bupati Bartim Yuren S Bahat kepada Metro7, kemarin.
Yuren meminta, semua kades di wilayah Kabupaten Bartim agar tetap netral pada pemilukada nanti. Kades dituntut agar terus bekerja dan bekerja untuk warganya, bukan ikut dukung mendukung kepada figur yang akan mencalonkan sebagai bupati maupun wakil bupati.
“Kepala desa itu jadi panutan dan bekerja untuk warga membangun desa. Makanya, jangan coba-coba ikut berpolitik praktik dan mendukung seseorang dalam pemilukada nanti,” katanya.
Apalagi lanjutnya, misalkan nantinya calon yang didukungnya kalah, tentu bagaimana hubungan dengan kepala daerah yang baru. Karena belum tentu figur yang didukung kades itu juga dituruti oleh warga desanya. Jika hal ini terjadi, ke depannya kades itu akan menjadi korban dari sisi jabatannya.
Yuren juga berharap figur yang bakal mengikuti pemilukada agar tidak memanfaatkan tenaga para PNS hingga kepala desa. Sebab, hal seperti ini akan mencederai tugas pokok mereka sebagai pelayanan masyarakat yang tidak memihak kepada golongan atau kelompok tertentu.
“Biarkan mereka bekerja melayani masyarakat tanpa harus diminta ikut berpolitik praktis menjelang pemilukada ini. Sebab, tugas melayani masyarakat itu sesuai dengan sumpah ketika di awal menjabat lalu,” tutur orang nomor dua di Bartim ini. (Metro7/M.Jaya)
13.25 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

E-KTP Molor Karena Jarak dan Listrik

PROSES E-KTP – Operator pelayanan e-KTP di Kantor Camat Awang, Kabupaten Bartim, sedang melakukan proses perekaman databes kependudukan
Tamiang Layang – Target nasional program Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP di Kabupaten Bartim tidak terpenuhi. Semestinya per Oktober tadi sudah rampung, namun hingga bulan ini pencapaiannya baru 62 persen.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bartim, Thiopilus, beralasan, molornya pencapaian target itu karena kendala jangkauan jarak di dua kecamatan, yakni Karusen Janang dan Kecamatan Benua Lima. Selain itu, terhambat jaringan listrik untuk operasional peralatan pembuatan e-KTP.
Thiopilus mengungkapkan, dari 62 persen pencapaian program e-KTP itu, sebanyak 48.823 wajib KTP telah terekam database di pusat. Sisanya sebanyak 30.062 wajib KTP, belum rampung perekamannya.
Namun demikian, Thiopilus tetap optimis sebelum 2012 berakhir, tepatnya pertengahan Desember nanti, perekaman e-KTP sudah selesai, minimal mencapai 80 persen dari target pusat.Menurut Thiopilus, jarak menjadi kendala untuk mempercepat realisasi target e-KTP.
“Di wilayah Kecamatan Karusen Janang dan Benua Lima, papar Thiopilus, operator pelayanan e-KTP perlu sigap dan terus bekerja.Apalagi di dua kecamatan telah dilengkapi dengan peralatan mobile sehingga bisa dilakukan jemput bola ke pemukiman,” ujarnya.
Dikatakannya, operator pelayanan bisa langsung datang ke rumah-rumah wajib e-KTP untuk merekam atau mendata data kependudukannya.Selain jarak, faktor penghambat lainnya untuk pencapaian target itu adalah belum adanya jaringan listrik di lingkungan pemukiman tersebut.
Tak heran, peralatan yang menggantungkan kepada tenaga listrik tidak bisa dioperasionalkan.Selain membuka pelayanan di Kantor Disdukcapil dan Kantor Camat, dengan adanya pelayanan mobile itu diharapkan Thiopilus dapat mempercepat kinerja operator pembuatan e-KTP.
Demikian pula masyarakat sadar untuk membuat identitas penduduk jenis terbaru tersebut.(Metro7/M.Jaya)
13.24 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Orsos Island, Pulau Apung Berharga Rp61 Miliar

London: Apakah Anda mendambakan pulau pribadi, tapi tak mau terikat di satu tempat? Jika iya, Anda bisa cepat mengontak Gabor Orsos. Ya, perusahaan asal Austria itu memang telah menciptakan Pulau Apung. Orsos Island, namanya.
Orsos Island adalah pulau buatan seluas empat kali lapangan tenis yang bisa mengapung di atas air. Dilengkapi dua mesin diesel kecil, pulau yang tentunya tanpa pasir ini bisa bergerak ke mana-mana.
Orsos Island bisa dibilang pulau supermewah. Pulau tiga lantai ini punya enam kamar tidur yang jembar. Juga dilengkapi kolam terbuka atau snooker sub-air. Belum lagi suite karaoke bawah laut, cocok buat mereka yang ingin menyimpan suara emasnya di tempat "aman".
Pulau berukuran 20 x 37 meter persegi ini juga dilengkapi semua yang biasa berhubungan dengan laut. Beberapa di antaranya jacuzzi, barbeque, tempat berjemur, minibar, ruang makan mewah, dan tentu saja, akuarium. "Hanya" dengan US$6,5 juta alias Rp61 miliar, Anda bisa mempunyai pulau super mewah ini. Mahal, sudah pasti. Namun harga pulau ini masih jauh lebih murah ketimbang harga rata-rata gigayachts dan pulau-pulau di Karibia.
"Sejak diluncurkan banyak kalangan jetset yang tertarik. Setiap hari saya mendapatkan pertanyaan dari orang di seluruh dunia termasuk Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, dan Cina," ujar Elizabeth Recsy, Humas Orsos Island.
Recsy memastikan, pulau buatan mereka ramah lingkungan. Gabungan fitur terbaik dari hotel mewah yang dilengkapi superyacht dan pepohonan. Pulau Orsos mengandalkan panel surya dan generator angin untuk menyediakan energi.
Para perancang memasukkan 160 meter persegi panel surya di bagian atap, sebagai generator angin yang dapat menghasilkan 28-30 kilowatt hours of power (kwh), konsumsi listrik harian rata-rata rumah tangga keluarga.
Pulau apung ini juga mampu mengkonversi 12.000 liter air laut menjadi air minum, menggunakan proses "reverse osmosis". Jadi, apakah Anda tertarik?. (CNN/metrotvnews)
13.22 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

RUBRIK KONSULTASI

Tanya :
Sore mbk ika,nma aq F  aq dh brPcrn slma 4 thn,umur qu menjalni 18 thun,sdngkn pcr sya umur x dh 19 thn,slh kc mbk kalu aq brpcrn lbh tua drpda aq,pdhl aq synk bngt wn dia,knp pcr aq tdk ska kalu aq dkat ama tmen cwe wkt skolh dlu,kalu dia tau aq dkt ama tmen cwe past dia mrh.Tlong jwb ya mbk trima kash.

Jawab :
Nggak salah kok mempunyai pacar yang lebih tua, kan kamu juga yang menjalaninya, mengenai dia tidak suka kamu dekat dengan teman2mu waktu sekolah, hal ini mungkin karena dianya cemburu,untuk itu kamu perlu memberi pengertian ke pacarmu dan sekali-kali bawalah dia kalau kamu berkumpul dengan teman2mu itu.

Tanya :
TaAssalamualaikum? Sore  Mba .sya ana .oy sya bgung nie mba .sya tkt bget klo cow sy slgkh.coz dy mw kuliah jauh .tlg y mba gmana cra y spy sya  py k prcyaan klo dy gk kan slgkh?

Jawab :
Cukup mudah kok, sebuah hubungan kalau didasari saling percaya dan tidak ada sifat cemburu apalagi selalu curiga pasti akan bertahan.
13.22 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Ancaman Kesehatan Akibat Minuman Energi

OLAHRAGA memang bertujuan untuk membuat tubuh tetap sehat. Meskipun demikian, sebaiknya olahraga dilakukan saat seseorang tengah memiliki fisik yang prima.
Tidak sedikit di antaranya memilih untuk mengonsumsi minuman berenergi sebelum atau di sela-sela berolahraga. Sebelum Anda berkeyakinan untuk memilih minuman berenergi, sebaiknya ketahui beberapa fakta tentang minuman energi berikut ini.
1. Minuman berenergi memiliki kandungan kafein yang banyak. Bisa dipastikan bahwa minuman olahraga ini mampu memicu tekanan darah dan mempercepat detak jantung seseorang.
2. Minuman energi juga merusak keseimbangan garam dalam tubuh seseorang sehingga pada akhirnya dikaitkan dengan kondisi detak jantung yang tidak teratur.
3. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, dampak lain dari kafein dalam minuman energi juga tidak bagi bagi wanita, terutama mereka yang sedang hamil. Pasalnya sebuah penelitian menyebutkan kalau konsumsi sebanyak 200 miligram atau lebih kafein dalam sehari mampu meningkatkan risiko keguguran.
4. Konsumsi kafein berlebihan dalam minuman energi diketahui membuat seseorang mengalami kerusakan kognitif otak dan berisiko besar mengalami penyakit terkait alzheimer dan demensia saat usia lanjut. (Healthmeup)
13.21 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Wasiat Syaikh al-Azhar, Ilmu Tasawuf dan Penyempurnaannya

Tasawuf adalah kesucian (shafa’) dan penyaksian (musyahadah). Tasawuf adalah realisasi firman Tuhan, “Beruntunglah orang yang mensucikan jiwanya” (QS. al-Syams: 9). Tasawuf adalah aplikasi firman-Nya, “Katakanlah, sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku semata-mata untuk/karena Allah, Tuhan semesta alam” (QS. al-An’am: 162). Tasawuf adalah wujud nyata dari firman-Nya, “Allah menyatakan bahwa tiada tuhan selain Dia. Malaikat serta orang-orang berilmu bersaksi bahwa tiada tuhan selain Dia Yang Maha Menegakkan Keadilan, Maha Perkasa, lagi Maha Penyayang” (QS. Ali Imran: 18). Tujuan tasawuf adalah ‘bersaksi/menyaksikan bahwa tiada tuhan selain Allah’.
Namun, tasawuf tak kenal buku!. Ketahuilah, tasawuf tidak dapat dijangkau dengan banyak membaca. Keagungan tasawuf hanya dapat ditempuh dengan kebeningan jiwa serta ketajaman mata hati. Bagaimana itu terjadi?. Benarkah membaca dan mengkaji dapat meraih tasawuf?. Benarkah mengenal alam ghaib secara langsung cukup dengan sebuah penelitian ilmiah?. Lantas apakah pengetahuan manusia tentang kecerahan hakikat bergantung pada wawasan intelektual dan hasil risetnya?. Tidak, seribu kali tidak!.
Sesuai pengalaman spiritualnya, Imam Ghazali mengemukakan bahwa ia telah membaca banyak buku tasawuf, tapi satu-satunya penyimpulan yang kemudian ia lahirkan hanyalah bahwasanya ketinggian ilmu para wali tidak dapat diperoleh melalui belajar (ta’allum) dan mendengar (sama’), melainkan dengan mencicipi (dzauq), menjiwai (hal), dan bertukar sifat (tabaddul shifat).
Sungguh betapa besar perbedaan antara “mengenal definisi ‘sehat’ dan ‘kenyang’ serta sebab-sebab maupun syarat-syarat keduanya”, dan “merasakan sehat dan kenyang itu sendiri”. Betapa besar pula perbedaan antara “mengenal kondisi mabuk” dan “merasakan mabuk itu sendiri”. Bahkan sungguh, sang pemabuk justru sama sekali tidak mengenal apa itu kata ‘mabuk’. Beda halnya dengan seorang dokter ketika sakit, ia sangat menguasai ilmu kesehatan, namun ia sendiri kehilangan kesehatan itu.
Demikian pula, mengenal esensi zuhud, syarat-syarat, dan sebab-sebabnya, tidak sama dengan meresapi dan menghayati sifat zuhud itu sendiri dalam keseharian. Para sufi adalah arbabu ahwal (para penikmat rasa), bukan ashhabu aqwal (para penganalisa). Apa yang dapat diraih melalui belajar, mudah saja didapatkan. Capailah ilmu-ilmu yang hanya diperoleh dengan mencicipi dan merasakan.
Ibnu Sina saja ketika mendefinisikan sebuah ‘jalan kecerahan sehingga hati manusia menjadi cermin yang berkilau’, ia menyatakan bahwa jalan itu tidak dapat ditempuh melalui membaca dan meneliti, akan tetapi melalui kemauan tulus serta kesungguhan ganda. Bahkan Abu al-Hasan al-Nuri berani menegaskan bahwa tasawuf tidak dapat dikategorikan sebagai sebuah ‘ilmu’, sebab ‘ilmu’ dapat dicapai dengan belajar, sedang tasawuf tidaklah demikian. ‘Ilmu’ tidak perlu digapai melalui ‘penyucian jiwa’ sebagaimana tasawuf. Tentulah ‘ilmu’ yang dimaksud al-Nuri adalah semata-mata ‘ilmu kasbi‘ dan bukan ‘ilmu ladunni‘. Tasawuf 100% ilmu laduni, maka bila diperoleh melalui buku dan sebagainya, bukanlah tasawuf namanya!.
Demikianlah wasiat al-’Arif Billah al-Imam al-Akbar Sidi Syaikh Abdul Halim Mahmud Ra., Sang Grand Sheikh of el-Azhar periode 1973-1978, disampaikan melalui catatan hatinya, “al-Madrasah al-Syadzuliyah‘, terbitan Darul Ma’arif Cairo, cetakan ketiga, hal. 424 s/d 425 dan hal. 438.
Syaikh Abdul Halim Mahmud lahir pada 12 Mei 1910 di Prov. Syarqiyah Mesir. Setelah menamatkan studi di al-Azhar, beliau berhasil juga meraih gelar Doktor dengan predikat Cumlaude dari sebuah universitas terbesar di Prancis. Sewaktu duduk di bangku SD pun ia pernah lulus satu-satunya ketika mengikuti tes masuk SMA tanpa harus melalui jenjang SMP!.
Selain Guru Besar Psikologi & Filsafat dan Dekan Fak. Ushuluddin di Univ. al-Azhar, beliau juga pernah menjadi Dekan Fak. Imam Ghazali di Damaskus (1964), Sekjen Islamic Research Academy (1969), Wakil al-Azhar (1970), dan Menteri Wakaf (1971). Setelah itu terpilih menjadi Grand Sheikh of el-Azhar hingga meninggalkan dunia yang fana pada pagi Selasa, 17 Oktober 1978. Ketika itu, seluruh umat Islam benar-benar merasa kehilangan sosok imam yang luar biasa. Semoga Tuhan melimpahkan keberkatan beliau kepada kita semua, atau kepada yang mau saja!. Amin.
13.20 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Nikahi Gadis di Bawah Umur, Aher Nasihati Bupati Garut

JAKARTA- Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, mengaku sudah memanggil dan memberi nasihat kepada Bupati Garut Aceng Fikri lantaran menikahi gadis di bawah umur.
"Saya memanggil dan menasehati," ujar Aher sapaan akrab Ahmad Heryawan di Grand Hotel Sahid Jaya Jakarta, Jumat (30/11/2012).
Aher menjelaskan, secara perundang-undangan Aceng tak dapat diberikan sanksi, namun sikapnya yang menikahi gadis di bawah umur dan menceraikan setelah empat hari menikah sudah pasti akan mendapat hukuman secara moral.
Sebelumnya dalam jumpa pers yang digelar di kediamannya di Pendopo Garut, Jumat, 23 November 2012 lalu Aceng mengakui sudah menikahi FO dan menceraikannya empat hari kemudian melalui SMS.
Menurut Aceng, permasalahan tersebut sudah diselesaikan secara kekeluargaan lima bulan lalu. Pernikahannya sendiri berlangsung pada 14 Juli 2012.
Dia menjelaskan ada permasalahan keluarga yang tidak mungkin diungkapkan ke publik terkait alasan percerainnya. Semua permintaan mantan istri, kata Aceng, sudah dipenuhi. Selain itu ada surat pernyataan yang ditandatangi oleh FO.
Aceng menilai permasalahan tersebut sengaja dimunculkan kembali oleh pihak tertentu. Hal ini  terkait posisinya sebagai bupati. Ada pihak yang ingin mempolitisasi permasalahan tersebut sehingga namanya jatuh. okezone
13.19 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Yusril Ezha Mahendra yang akan menjemput Parlin

Banjarmasin -- Usaha kuasa hukum H Parlin, terpidana kasus illegal mining untuk memperjuangkan hak kliennya agar terbebas dari jeratan hukum memasuki episode baru. Pasalnya, upaya uji materi terkait Pasal 197 ayat 1 huruf k yang diajukan ke MK (Mahkamah Konstitusi) akhirnya dibatalkan atau dihapuskan.
Menanggapi putusan tersebut, kuasa hukum pemohon Yusril Ihza Mahendra didampingi H Fikri Chairman SH, Msi, MH, menegaskan putusan MK yang menyatakan Pasal 197 ayat 1 huruf k itu dianggap tidak ada. Karena itu, dalam Pasal 197 ayat (2) KUHAP apabila tidak mencantumkan ketentuan Pasal 197 ayat (1) huruf k KUHAP maka putusan batal demi hukum.
"Namun saya tegaskan putusan MK sejak tanggal 22 November hari ini tidak berlaku surut dan digunakan untuk kedepannya. Namun sebelum tanggal 22 November 2012 hari ini, semua putusan-putusan pengadilan yang tidak mencantumkan ketentuan Pasal 197 ayat 1 huruf k KUHAP adalah putusan yang batal demi hukum dan tidak dapat dieksekusi," ucap Fikri.
Fikri menegaskan akan segera membebaskan kliennya Parlin Riduansyah dari Lapas Teluk Dalam Banjarmasin. “Dalam waktu dekat, Yusril Ezha Mahendra yang akan menjemput Parlin,” tegasnya.
Diberitakan sebelumnya, Direktur Utama PT Satui Bara Tama (PT SBT), Parlin Riduansyah akhirnya harus menjalani hukuman penjara selama 3 tahun setelah MA (Mahkamah Agung) memutus Parlin bersalah karena diduga melakukan eksploitasi lahan batu bara di kawasan hutan tanpa izin dari Menteri Kehutanan. (Metro7/sari/kir)
13.17 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Duel Berdarah di Pasar Baru Rantau, • Herman Jaguar Tewas Oleh Pisaunya Sendiri

Nampak warga menonton tubuh korban Herman Jaguar yang tewas menggenaskan oleh pisau belatinya sendiri dalam due maut dengan Supian alias Upi Naga di Pasar Baru Rantau, Sabtu (29/11) kemarin. (foto;wandy)
Rantau – Duel berdarah terjadi di Pasar Baru Rantau. Duel maut itu mengantarkan Herman (29) alias Jaguar bersimbah darah menghembuskan nafasnya yang terakhir di lokasi kejadian. Ia tewas oleh sebilah pisau Belati miliknya sendiri yang ditusukkan oleh lawan duelnya Supiani (35) alias Upi Naga, Sabtu (29/11) kemarin sekitar pukul 07.00 wita.
Menurut informasi yang diperoleh Metro7 menyebutkan, pagi itu seperti biasanya Supian mengantarkan isterinya ke pasar Baru Rantau untuk berjualan sayur. Pada saat Supian melintas, Herman yang sudah menunggu langsung mencabut sebilah pisau belati dari balik bajunya dan tanpa bicara langsung menyerang Supian.
Mendapat serangan mendadak dari Herman Jaguar warga desa Paul kecamatan Bakarangan, Kabupaten Tapin ini, sebelumnya juga pernah menyerang ke rumah Supian di desa Tengkawang, Supian berusaha untuk menghindar dengan berlari menyelamatkan diri.
Melihat Supian lari dengan tangan kosong, Herman atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jaguar ini mengejar, sehingga aksi kejar-kejaranpun terjadi.
Dalam keadaan terdesak dan tidak dapat lari lagi,Supian hanya berusaha melawan dengan tangan kosong. Dalam pergulatan tersebut ternyata Supian berhasil merebut pisau di tangan Herman dan langsung menusukkan pisau itu beberapa kali ke tubuh korban Herman.
Beberapa tusukan ditubuh Herman langsung tumbang dengan berlumuran darah dan sebelum sempat diberikan pertolongan ia tewas secara menggenaskan dengan beberapa luka tusukan ditubuhnya.
Setelah membunuh lawannya Herman, palku Supian pun langsung menyerahkan diri ke Polres Tapin, dan penyerahan diri pelaku mendapat respon positif dari penyidik karena atas kesadaran sendiri menyerahkan diri.
Menurut keterangan warga disana, sebenarnya kedua lelaki itu sudah mempunyai dendam lama. Jagur pernah meminta uang secara paksa kepada isteri Supian, sehingga adu mulutpun tidak dapat terhindari. Kemudian korban juga pernah menyerang ke rumah Supian di warga desa Tangkawang kecamatan Bakarangan, untungnya saat itu Supian alias Upi tidak berada di rumah sehingga tidak terjadi apa-apa.
Kasus pembunuhan tiadak berencana ini sekarang sudah ditangani Satuan Reskrim Polres Tapin yang dipimpin langsung AKP Ade Nuramdani.
 “ Supian alias Upi Naga menyerahkan diri langsung ke Polres Tapin atas kesadarannya sendiri telah menghilangkan nyawa orang lain, dan kita akan memproses kasus ini sampai tuntas,” keterangan Bripka Waskito.
Dikatakannya, dengan unsur pembelaan diri dan sifat berani bertanggung jawab di mungkinkan hal ini akan bisa nantinya meringankan hukuman yang akan di jatuhkan oleh pihak pengadilan nanti. (Metro7/wnd)
13.17 | 0 komentar | Baca Selanjutnya...

Redaksi Metro7 : 0526 2700825 | Email : redaksi@metro7.co.id
Bagian Iklan|Sirkulasi : Suwarto SE 0852 4845 7878