Program Untuk Desa Tertinggal


Kandangan --- Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan telah menggulirkan berbagai program dan dukungan pendanaan untuk desa tertinggal. Hanya dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini, pembangunan yang ada di tiga kecamatan di Kabupaten HSS sudah memperlihatkan kemajuan yang berarti. Salah satunya, adalah pembangunan yang dilaksanakan di Kecamatan Daha Selatan, Utara dan Barat.
Pembangunan yang terlihat saat ini, adalah pembenahan jalan di kecamatan. Seperti yang sudah dibangun dan ditembuskan dari Kecamatan Daha Selatan ke Daha Barat. Selain itu, berbagai infrastruktur juga dibangun dengan cukup terencana, seperti gedung sekolah, pasar dan terminal.
Tidak itu saja, pembangunan juga dilaksanakan pada bidang perekonomian, dimana pihak perusahaan diminta menanamkan investasinya dengan baik. Sehingga terciptalah lapangan pekerjaan untuk masyarakat yang tinggal di desa dan kecamatan.
Bupati HSS Dr H Muhammad Safi’i mengatakan, pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah daerah selama tiga tahun terakhir ini, merupakan tugas yang diberikan pemerintah pusat untuk percepatan pembangunan kesejahteraan rakyat yang ada di kabupaten.
Menurutnya, dengan adanya pembangunan, diharapkan dapat merubah pola pikir masyarakat. Terutama dari ketertinggalan menjadi tidak tertinggal, bahkan diharapkan kedepannya masyarakat bisa berkembang dengan baik sesuai dengan keinginan pemerintah.
Dengan adanya pembangunan infrastruktur yang saat ini sudah mulai rampung. Bupati mengharapkan, agar masyarakat bisa memanfaatkannya dengan baik dan menjaga semua fasilitas tersebut, sehingga tetap terawat. “Semua konsentrasi, kita arahkan kepada pelaksanaan pembangunan yang ada di desa dan kecamatan. Sehingga dapat semakin berkembang. Dampaknya, adalah terciptanya pembangunan di Kabupaten HSS,”ujar bupati.
Pemerintah daerah, juga membuka keterisoliran dan ketertinggalan masyarakat yang ada di Kecamatan Daha Barat, dengan membuka jalan yang saat ini sudah dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten. Agar percepatan pembangunan di kecamatan dapat dilaksanakan dengan baik. Pemerintah daerah juga meluncurkan berbagai program penanggulangan kemiskinan, seperti program Ampih Miskin, Program Nasional Pembangunan Masyarakat (PNPM) dan perbaikan perumahan dari Kemenpera.
Dari semua pelaksanaan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah, ada yang tak kalah penting yakni pembangunan fasilitas yang dapat mendukung pertanian di beberapa kecamatan. Salah satunya, adalah membangun sumber daya manusia dan pelaksanaan teknologi tepat guna. Dari hasil semua pembangunan tersebut, akhirnya ditahun-tahun terakhir kepemimpinannya sudah dapat dirasakan dan terlihat dengan nyata.
Bupati juga mengakui, bahwa dibeberapa desa yang ada di HSS, masih ada pembangunan infrastruktur yang kurang memadai, perekonomian yang cenderung tidak ada perubahan, aksesibilitas rendah dan keuangan yang kurang layak serta memiliki sumber daya manusia yang kualitasnya rendah. Untuk merubah itulah, diperlukan pelaksanaan pembangunan berkelanjutan yang dilakukan oleh pemerintah daerah dengan menggandeng semua stakeholder yang ada. (Metro/fit)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik.
Berita Metro7 juga dishere atau dibagikan melalui Facebook, Tweeter dan email. Terima kasih.
(Redaksi)


Redaksi Metro7 : 0526 2700825 | Email : redaksi@metro7.co.id
Bagian Iklan|Sirkulasi : Suwarto SE 0852 4845 7878