“Kami Ada untuk Barito Putera”

  • Laskar Mania Tabalong (LASMANTAB)
Tanjung --- Klub sepakbola Barito Putera kini menjadi kebanggaan warga Kalimantan Selatan. Terlebih setelah tim berjuluk Laskar Antasari ini kembali ke jajaran elit sepakbola nasional usai menjuarai Divisi Utama PSSI.
Para supporter Barito Putera tidak hanya di Banjarmasin. Tapi sudah ke seluruh kabupaten/kota se Kalimantan Selatan, termasuk di Tabalong. Kelompok supporter di Bumi Saraba Kawa ini diberi nama Laskar Mania Tabalong (LASMANTAB).
Pada bulan Juni 2012, terjadi perbincangan antara Alfi Syahrin dan Muhammad Fikry Ramadhan tentang Barito Putera. Fikry pada saat itu supporter Barito Putera yang selalu hadir ke Stadion 17 Mei Banjarmasin dan Alfi yang merupakan pengamat sepakbola melalui media online memutuskan membentuk kelompok supporter Barito Putera korwil Tanjung.
Setelah mencari info segala macam, akhirnya melalui Muhammad Afdhan kami mendapatkan link untuk bergabung bersama Laskar Mania. Lalu kami pun menghubungi Pak Djumansyah, Ketua Laskar Mania, bahwa akan membentuk korwil Tanjung. Keinginan kami tentu disambut dengan baik oleh beliau. Kami diminta untuk membentuk kepengurusan terlebih dahulu, karena apabila sudah terbentuk kepengurusan maka lebih mudah dalam pencarian anggota. Lalu diputuskanlah Alfi Syahrin sebagai Ketua, hal ini dikarenakan dia salah satu pendirinya. Dalam rapat waktu itu juga dirundingkan mengenai nama, dan dipilihnya kata LASMANTAB (Laskar Mania Tabalong), karena apabila menggunakan Tanjung maka disingkat akan menjadi sedikit janggal LASMANTAN.
Awal berdirinya Laskar Mania korwil Tanjung didominasi oleh pelajar. Lalu Alfi berusaha mencari cara bagaimana agar dapat merekrut anggota dari kalangan dewasa juga. Dan di Tanjung saat itu terdapat toko olahraga milik Syahruddin, yaitu Udin Sport. Toko tersebut satu-satunya penjual jersey Barito Putera di Tanjung saat masih berlaga di divisi utama. Well berarti Paman Udin (panggilan akrab Syahruddin) juga merupakan supporter Barito. Setelah melakukan tawaran, lalu Paman Udin menerima tawaran dari Lasmantab untuk bergabung dan menjadikan toko beliau sebagai Sekretariat. Selain mudah dicari karena sekretariat kami berupa toko olahraga, juga lebih mempermudah perekrutan anggota dari kalangan dewasa.
Tanggal 8 Juli 2012 Barito Putera menjuarai Divisi Utama setelah melibas Persita dengan skor 2-1 di laga pamungkas. Dengan Juaranya Barito Putera dan berhasil naik kasta ke ISL semakin banyak orang yang mulai mengetahui eksistensi Barito. Ada anggota Lasmantab yang berangkat ke Banjarmasin untuk ikut konvoi penyambutan klub kebanggaan di provinsi sendiri.  Sementara yang lain tetap berada di Tanjung dan menunggu kedatangan mereka, ya setelah tiba di kalsel beberapa pemain dibawa untuk menjelajah kabupaten yang ada di kalsel hingga ke Tabalong.
Saat beberapa pemain berada di Tanjung, Tabalong. Kami menyaksikan penampilan mereka di Maluyung Futsal, dan bertemu seorang anggota dari Lasman Pusat yang pindah ke Tanjung, yaitu Abdil Yasir Al-Farizi. Dengan hadirnya dia, kami semakin mudah untuk mengetahui seluk beluk Laskar Mania Pusat.
Tepat 11 Agustus 2012, ada acara buka bersama Lasman Pusat di Banjarmasin. Saat itu berangkatlah kami untuk ikut acara tersebut. Disana kami diperkenalkan melalui Duta TV sebagai salah satu korwil Lasman yang baru. Sebagaimana yang dikatakan Bang Nordin selaku Wakil Ketua Lasman kami sudah dinyatakan resmi, cuma untuk mendeklarasian akan bersama-sama dengan Lasman Korwil yang lain. Jadi bisa dikatakan 11 Agustus 2012 terbentuknya Laskar Mania Tabalong (Korwil Tanjung), karena memang saat bulan sebelumnya hingga Juni tidak ada kejelasan tepatnya tanggal berapa kami berdiri.
ISL mulai bergulir dan terjadilah laga kandang perdana Barito di Stadion baru, Stadion Demang Lehman Desa Indrasari Kota Martapura. Pada laga ini Barito menjamu Arema, dan kami tak ingin melewatkan laga kandang perdana ini dengan membawa 20 lebih pasukan. Namun sayangnya saat memasuki Stadion kami terpisah-pisah beserta Lasman Pusat, mungkin ini dikarenakan stadion baru dan belum ada pembagian tribun kelompok supporter. Walaupun begitu kami tetap bersemangat mendukung Barito hingga akhirnya menang 1-0 atas Arema. Dan lebih senangnya lagi kami tersorot kamera ANTV dengan cukup lama diawal laga karena memegang spanduk ucapan terimakasih untuk ANTV dari Laskar Mania Tanjung.
Laga-laga kandang Barito terus bergulir dan kami selalu hadir. Untuk laga tandang baru pertama kali ikut serta yaitu saat ke Samarinda. Disini kami ingin membuktikan loyalitas kami karena kami ada untuk Barito dan Lasman ada dimana-mana layaknya nyanyian kami saat di tribun.
Laskar Mania lebih dari sekedar kelompok supporter tetapi sudah seperti keluarga, karena tidak ada batasan dalam komunikasi. Kebersamaan dan ikatan kekeluargaan antar korwil, anggota dan pengurus sangat kuat. Kami semua bersama-sama menyaksikan pertandingan dari tribun terbuka. Canda dan tawa juga selalu hadir saat kami berkumpul bersama di sekretariat Lasman di Ampera.
Selain itu keakraban kami dengan pemain pun sudah erat. Dimana setiap pagi sebelum mereka bertanding, selalu menyaksikan mereka pemanasan dan berbincang-bincang dengan mereka. Foto bersama pun sering dilakukan.
Dan di jeda dua minggu ini, kami mulai kembali melaksanakan program kerja keanggotaan yang mulai terbengkalai. Karena hanya akan menjual tiket kepada anggota kami yang benar-benar resmi dengan diberikan kartu anggota. Untuk pendaftaran anggota dikenakan biaya Rp 20 ribu. Uang pendaftaran akan dimasukkan dalam kas untuk keperluan kita bersama. Selain kartu kami juga memesan Baju Lasmantab dengan desain sendiri, walaupun kami membuat baju sendiri kami tidak akan pernah membuang lambang dari Lasman Pusat karena biar bagaimanapun kami merupakan korwil dari pusat. Untuk pemesanan baju dikenakan biaya Rp 85 ribu.
Dengan adanya keanggotaan yang resmi, anggota dengan kartu akan mendapat tiket dengan harga Rp 40 ribu dan untuk umum dengan harga Rp 50 ribu. Disini kami ingin menekankan kesetiaan anggota kami yang benar-benar anggota.
Untuk info dari Laskar Mania Tabalong korwil Tanjung dapat dilihat melalui media online, yaitu Facebook: Laskar Mania Tabalong dan Twitter: @Lasmantab

~Biodata Kelompok Supporter~
Nama : Laskar Mania korwil Tanjung
Sebutan : Lasmantab (Laskar Mania Tabalong)
Ketua : Alfi Syahrin
Sekretariat : Toko Udin Sport (dekat Mesjid Raya Tanjung)
Jl. Jend. Basuki Rahmat RT 10 No. 37 Tanjung, Kalimantan Selatan, Indonesia71571
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik.
Berita Metro7 juga dishere atau dibagikan melalui Facebook, Tweeter dan email. Terima kasih.
(Redaksi)


Redaksi Metro7 : 0526 2700825 | Email : redaksi@metro7.co.id
Bagian Iklan|Sirkulasi : Suwarto SE 0852 4845 7878